English English Indonesian Indonesian
oleh

Pemilu Makin Dekat, Kemenkes Siapkan RS Jiwa

JAKARTA, FAJAR–Pemerintah cukup optimis penyelenggaran pemungutan suara akan lancar. Hasil pemeriksaan kesehatan akan mengetahui bagaimana kondisi petugas KPPS.

Hanya, kapasitas stres masing-masing individu tidak bisa diukur. Sehingga Kemenkes mempersiapkan fasilitas pelayanan kesehatan. Termasuk rumah sakit (RS) untuk kejiwaan.

“Ada rumah sakit yang spesifik untuk layanan jiwa dan rumah sakit umum yang memiliki layanan kesehatan jiwa sudah disiapkan,” beber Direktur Pelayanan Kesehatan Primer, Kemenkes, Obrin Parulian.

Obrin juga menyebut seluruh fasilitas pelayanan kesehatan akan disiagakan. Sehingga ketika ada masalah kesehatan, Pusat Krisis Kemenkes dan jejaringnya sudah siap.

“Di puskesmas dan rumah sakit siap memberikan layanan,” bebernya. Khusus pada pemilu ini, puskesmas disiagakan 24 jam.

Kepala Pusat Krisis Kesehatan Sumarjaya menyebut telah memetakan sisi kegawatdaruratan pada saat pemilu. Selain fasilitas kesehatan, sumber daya manusianya pun harus disiapkan.

Jaya mengatakan jika kini Kemenkes memiliki public safety Center (PSC) yang akan memberikan respons cepat jika terjadi hal tidak diinginkan dalam sektor kesehatan.

“Ini pertolongan pertama saat terjadi kegawatdaruratan dan nanti kan ke pelayanan kesehatan,” bebernya.

Selain itu ada juga emegency medical team (EMT). “468 tenaga kesehatan cadangan yang berbasis tim yang tersebar di seluruh Indonesia. Ini untuk merespons kegawatdaruratan,” ungkapnya. (lyn/jpg/zuk)

News Feed