English English Indonesian Indonesian
oleh

Target Seribu Anggota, Gapeksindo Sulsel Gratisan KTA Bagi Calon Anggota

FAJAR, MAKASSAR -Gabungan Perusahaan Konstruksi Indonesia (Gapeksindo) Sulsel menggratiskan Kartu Tanda Anggota (KTA) bagi pelaku usaha kecil. Hal tersebut untuk menggeliatkan usaha dari pengusaha konstruksi tersebut.

Hal tersebut disampaikan dalam rapat Pengurus DPD Gapeksindo Sulsel, yang dipimpin langsung oleh Ketua, yang didampingi oleh Sekretaris, Bendahara, Ketua 3 serta dihadiri oleh unsur Ketua DPP Gapeksindo.

Ketua Gapeksindo Sulsel, Amirullah Nur Saenong menuturkan kebijakan ini diinisiasi oleh pihaknya sebagai upaya menggeliatkan usaha dari para pelaku usaha kecil konstruksi yang ada di Sulsel agar bisa memiliki KTA asosiasi.

“Makanya kami dari kepengurusan Gapeksindo Sulsel inisiasi menggratiskan KTA bagi golongan perusahaan kecil, ini merupakan visi misi saya saat Musda Gapeksindo Sulsel beberapa waktu lalu dan ini sudah kita jalankan,” ucapnya.

Kata dia, kebijakan ini berlaku untuk seluruh calon anggota Gapeksindo Sulsel. Dimana yang tergolong pengusaha kecil yang nilai pekerjaannya Rp15 miliar kebawa dalam satu proyek.

“Kita lakukan itu supaya mereka meringankan beban kepada mereka. Karena KTA asosiasi itu persyaratan untuk mengurus sertifikat badan usaha dari pelaku usaha. Setidaknya kita meringankan beban pelaku usaha untuk penertiban KTA nya, batas pengurusan KTA gratis ini sampai 31 Maret 2024,” tuturnya.

Maka dari itu pihaknya meringankan beban para pelaku usaha yang baru mau memulai berusaha sudah diberatkan. “Makanya kita dorong ini usaha kecil menengah untuk memiliki KTA secara gratis,” ujarnya.

Sekretaris DPD Gapeksindo Sulsel, Burhan Arsyad mengatakan hampir 75 persen pelaku usaha konstruksi di Sulsel itu tergolong pelaku usaha kecil. Dan diketahui saat ini ada 7000 badan usaha konstruksi di Sulsel.

“Kita sekarang ini menargetkan anggota pada 2024 ini totalnya mencapai 1000 orang anggota untuk dibina. Jumlah anggota kita sekarang 73 anggota,” ujarnya.

Pihaknya berharap akan tumbuh pengusaha baru dan pengusaha muda di Sulsel. Sebab kata dia, negara dikatakan maju ketika jumlah pengusahanya ada 5 persen.

“Jadi memang semangat kita ini bagaimana membangun dan menciptakan pengusaha baru,” katanya.

Untuk diketahui rapat tersebut juga dihadiri oleh Ketua 3 Gapeksindo Sulsel AM Amin Karaka, Bendahara DPD Gapeksindo Sulsel Geri Risanto, dan Ketua OKK DPP Gapeksindo Ridwan Jabir. (sae)

News Feed