English English Indonesian Indonesian
oleh

Edukasi Pentingnya Jaga Koleksi Museum

FAJAR, MAKASSAR — Koleksi museum merupakan aset bangsa yang menjadi daya tarik bagi masyarakat dalam proses pembelajaran warisan budaya.

Koleksi museum perlu dijaga dan dirawat dengan baik sehingga perlu mendapat perlakuan yang terarah dan terkendali.

Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan (Disbudpar) Sulsel melalui UPT Museum dan Taman Budaya Museum La Galigo menggelar Ngobrol Santai di Museum La Galigo Benteng Fort Rotterdam, Jumat, 8 Desember 2023.

Sekretaris Disbudpar Sulsel Andi Munawir mengatakan bahwa di Indonesia telah banyak berdiri museum, baik yang dikelola oleh pemerintah pusat, pemerintah daerah, lembaga swasta dan individu atau perorangan.

Koleksi yang dipamerkan di dalamnya merupakan kebudayaan bangsa Indonesia yang perlu dijaga dan lestarikan.

“Sehingga peran museum menjadi hal yang sangat penting dalam menyelamatkan dan menyimpan benda peninggalan sejarah bangsa indonesia,” katanya.

Andi Munawir mengungkapkan bahwa museum menjalankan dua fungsi utama yaitu sebagai tempat pelestarian budaya dan sumber informasi budaya. Museum didirikan dengan tujuan untuk menciptakan suatu lembaga yang melakukan pelestarian warisan budaya.

“Yaitu, melestarikan fisik benda dan melestarikan makna yang terkandung di dalam benda koleksi berupa nilai dan norma,” ungkapnya.

Andi Munawir melanjutkan bahwa benda-benda yang disimpan sebagai koleksi di museum mengandung nilai yang luhur dalam berbagai aspek seperti budaya, sosial, arkeologi, sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi serta ekonomi.

Maka dari itu, museum dapat difungsikan sebagai sarana untuk menyelenggarakan pendidikan dalam suasana rekreasi masyarakat, khusunya generasi muda dalam rangka menanamkan nilai-nilai luhur budaya dan jati diri bangsa Indonesia.

News Feed