English English Indonesian Indonesian
oleh

Dubes RI Kairo Kunjungi Kawasan Tambang Misr Phosphate Bahas Kerja Sama Pupuk Fosfat

FAJAR, KAIRO-, Duta Besar RI Kairo, Lutfi Rauf didampingi Atase Perdagangan KBRI Kairo, M. Syahran Bhakti S melakukan kunjungan ke kawasan pertambangan fosfat, Misr Phosphate di Abu Tartour, New Valley Mesir. Dalam kunjungan bertemu Presiden Direktur Misr Phosphate Company, Eng. Mohamed Abdel Azim didampingi para direksi Misr Phosphate.

Duta Besar RI dalam kesempatan pertemuan menyampaikan adanya peningkatan impor fosfat dari Mesir ke Indonesia, pada 2022 impor Indonesia mencapai USD 28,44 juta atau senilai (Rp441 miliar, kurs 1 USD= Rp. 15,511), mengalami peningkatan sebesar 43,46 persen bila dibandingkan perolehan pada Januari – September 2023 mencapai USD 40,8 juta (senilai Rp632 miliar, kurs 1 USD= Rp. 15,511).

Duta Besar RI mengharapkan dengan adanya peningkatan volume perdagangan fosfat Mesir ke Indonesia ini membuka lebih banyak peluang masuknya pelaku usaha baru Indonesia menjajaki peluang kerjasama di bidang pertanian dan perkebunan Indonesia-Mesir.

Presiden Direktur Misr Phosphate, Mohamed Abdel Azim memaparkan, Kementerian Perminyakan dan Sumber Daya Mineral Mesir saat ini telah memperluas penelitian dan eksplorasi bijih fosfat melalui penerapan rencana pengerjaan eksplorasi di wilayah konsesi fosfat Mesir seluas 450 kilometer persegi di Provinsi New Valley, Aswan, dan Provinsi Red Sea.

Mohamed Abdel-Azim menyatakan dengan adanya proyek pengembangan ini, memberi ruang dan memompa lebih banyak investasi guna mengintensifkan kegiatan penelitian dan eksplorasi sumber daya alam dan mempercepat pengembangan penemuan lahan baru.

News Feed