English English Indonesian Indonesian
oleh

Rubrik Ramadan FAJAR Jadi Literasi Tafsir Mahasiswa Pascasarjana UINAM

FAJAR, MAKASSAR- Rubrik Harian FAJAR menjadi penelitian magister di UIN Alauddin Makassar. Itu termuat dalam penelitian tesis yang berjudul Literasi Tafsir dalam Rubrik Ramadan Koran FAJAR 1443 H.

Mahasiswa Ilmu Al-Qur’an Pascasarjana UIN Alauddin Makassar, Ahmad Habibi B menyampaikan, rubrik ramadan yang ditelitinya itu menggunakan metode penelitian kualitatif atau library research yang digolongkan dalam penelitian lapangan.

“Eksistensi literasi tafsir di koran FAJAR merupakan sebuah penafsiran Al-Qur’an yang disajikan dalam media cetak dengan menghadirkan narasumber yang ahli di bidangnya,” paparnya.

Habibi sapannya dengan penelitian ini berhasil meraih predikat cumlaude dan melangsungkan wisuda, Rabu, 29 November sebagai Magister Ilmu Al-Qur’an. Kata dia, rubrik ramadan di Harian FAJAR itu dihadirkan dalam rangka menjawab perkembangan zaman yang semakin canggih, Harian FAJAR menyajikannya lewat rubrik khusus yang dapat dibaca langsung dan diakses melalui aplikasi epapernya.

“Dalam rubrik Harian Fajar disajikan khazanah Islam dari pelbagai sumber. Penafsiran pada bulan Ramadan di Koran Fajar merupakan hasil wawancara wartawan kepada mufasir dengan tema yang telah diberikan oleh tim redaksi Harian Fajar yang berbeda-beda tiap harinya,” bebernya.

Adapun tema yang diangkat diantaranya, sempurnakan amalan sepuluh awal ramadan, raih keistimewaan ramadan, perbanyak doa, perbanyak istighfar hingga terkait dengan zakat fitrah pada menjelang akhir bulan Ramadan.

“Harapannya lewat penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan rujukan tambahan informasi untuk masyarakat secara luas, terkhusus pada bidang akademik Ilmu Al-Qur’an dan tafsir,” imbuhnya.

News Feed