English English Indonesian Indonesian
oleh

Sastra Indonesia Unhas-Unmul Berkolaborasi

FAJAR, MAKASSAR-Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas melaksanakan pengabdian masyarakat dengan berkolaborasi bersama Departemen Sastra Indonesia FIB Universitas Mulawarman (Unmul) di Samarinda. Kegiatan ini terlaksana sebagai wujud implementasi kerja sama yang telah tertuang dalam butir dokumen PKS antara dua departemen.

Kedua belah pihak bersepakat untuk melaksanakan kerja sama dalam mengemban tugas Tri Dharma PT yaitu, penelitian, pengabdian masyarakat, dan pengembangan pendidikan pengajaran antar Fakultas Ilmu Budaya Unhas dan Unmul.

Ketua Program Studi Sastra Indonesia FIB Universitas Mulawarman, Ahmad Mubarak, S.Pd., M.Hum., memfasilitasi dengan baik kegiatan pengabdian masyarakat ini. Turut menyaksikan panandatanganan MoA/IA ini yakni Dekan FIB Universitas Mulawarman, Prof. Dr. M. Bahri Arifin, M.Hum., Ketua Bidang Kerja Sama FIB Unhas, Prof. Dr. Fathu Rahman, M.Hum., dan Wakil Dekan Bidang Inovasi dan Kerja Sama FIB Unhas, Dr. Kaharuddin, M.Hum.

Unhas mengawali pengabdian dengan materi penyuluhan yang diberikan kepada mahasiswa Unmul oleh tim penyuluh pengabdian masyarakat. Materi “Kesantunan Berbahasa di Media Sosial” yang dibawakan oleh Prof Lukman. Materi berikutnya, “Menyiasati Penggunaan Aplikasi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence) dalam Khazanah Karya Sastra” oleh Dr Inriati Lewa.

Sebelum kedua materi ini disajikan, terlebih dahulu Prof HM Darwis, memberikan pengayaan wawasan kepada peserta Abdimas tentang pentingnya mengedepankan penggunaan bahasa Indonesia yang santun dan memanfaatkan aplikasi AI secara bijak dan bertanggung jawab. “Karena walau bagaimanapun kecerdasan buatan tidak dapat menggantikan kemampuan berpikir manusia,” jelasnya.

Adapun tim pengabdian masyarakat kolaborasi yang dibentuk oleh Departemen Sastra Indonesia yaitu, Ketua Pelaksana, Dr Munira Hasjim, Sekretaris, Rismayanti. Penyuluh materi, Prof HM Darwis, Prof Lukman, Dr Inriati Lewa. Anggota timnya yaitu, Prof Asriani Abbas, Prof Nurhayati, Prof AB Takko, dan St. Nursaadah.

“Mereka yang tersebut namanya sebagai tim Pengabdian Masyarakat Kolaborasi di Samarinda adalah para dosen Sastra Indonesia FIB yang diundang menyajikan makalah dalam kegiatan Konferensi Internasional HISKI di Universitas Mulawarman. Jadi seperti kata pepatah, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” ujar Kepala Departemen Sastra Indonesia Unhas, Munira Hasjim, Minggu, 19 November.

Bukan hanya satu output kegiatan yang terpenuhi kata Munira, ada tiga capaian yang dihasilkan dari penandatanganan MoA/IA antar-Departemen Sastra Indonesia FIB Unhas dan Sastra Indonesia FIB Unmul Samarinda, menyajikan makalah dalam forum Internasional, dan kegiatan pengabdian masyarakat. Agenda tersebut berjalan 17-18 November 2023. (*/ham)

News Feed