English English Indonesian Indonesian
oleh

Cegah Hoaks Jelang Pemilu, Mafindo Makassar Gelar Kampanye Prebunking

FAJAR, MAKASSAR— Dalam rangka mencegah dan menangkal penyebaran hoaks menjelang Pemilu 2024, Masyarakat Antifitnah Indonesia (Mafindo) Kota Makassar menggelar Prebunking Campaign (Kampanye Prebunking) di kawasan Car Free Day (CFD) Jl Boulevard, Makassar, Minggu (1/10/2023).

Di kegiatan tersebut, Mafindo Makassar menyediakan photo booth, sejumlah games menarik seperti Board games Fandom Warung Nasi dan Ular Tangga, juga menyediakan doorprize bagi pemenang games. Kedua permainan tersebut tak hanya sekadar menyediakan pertunjukan yang menyenangkan, tapi juga menyisipkan edukasi mengenai hoaks.

Kampanye Prebunking Mafindo Makassar berhasil memancing minat warga yang lalu lalang di area CFD untuk berkunjung baik sekadar berfoto maupun bermain games. Setidaknya ada sekitar 120 orang yang terlibat aktif dalam Prebunking Campaign, membuat kegiatan tersebut semakin seru dan meriah. Hal tersebut juga mengindikasikan jika masyarakat antusias dalam menyambut kegiatan Mafindo di ruang publik.

Koordinator Wilayah Mafindo Makassar, Andi Fauziah Astrid mengatakan, Kampanye Prebunking merupakan kegiatan lanjutan dari kegiatan yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh Mafindo Makassar di Bulan September. Yaitu Kelas Prebunking yang digelar di KPU Makassar dan Kelas Cek Fakta untuk guru dan masyarakat umum yang digelar secara online.

Dia berharap melalui kampanye ini masyarakat semakin mengenali eksistensi lembaga Mafindo dan juga semakin memahami apa itu hoaks, terutama isu-isu hoaks Pemilu yang saat ini semakin marak menjangkiti masyarakat. “Jadi masyarakat mampu melakukan cek fakta sendiri jika menemukan informasi. Bersikap skeptis dan kritis terhadap informasi baru sebelum menyebarkan. Ingat prinsip saring sebelum share,” ujarnya.

News Feed