English English Indonesian Indonesian
oleh

Rektor Unhas Paparkan Urgensi Wallacea untuk Indonesia dan Dunia di Forum TEDX

FAJAR, MAKASSAR-Rektor Universitas Hasanuddin Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., menyampaikan gagasan tentang pentingnya Wallacea yang harus dijaga untuk Indonesia dan Dunia melalui kegiatan TEDX , sebuah forum akademisi bergengsi yang terselenggara pertama kali di Universitas Hasanuddin. Kegiatan dengan Tema “We Believe The Incredible Power Of Knowledge And Ideas To Transform Our World” berlangsung mulai pukul 09.00 Wita di Gedung Ipteks, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Jumat (29/09).

Dalam kesempatan tersebut, Prof. JJ memberikan gambaran tentang garis Wallacea yang beserta keanekaragaman flora dan faunanya. Dirinya juga menjelaskan secara singkat tentang Sejarah peradaban Wallacea Indonesia. Menurutnya, Wallacea penting dan harus dijaga karena memiliki fitur geologis yang sangat unit. Tidak hanya itu, juga memiliki kekayaan dan keunikan biodiversitas tertinggi di dunia, yang sangat potensial untuk pengembangan bioteknologi dan bioekonomi.

“Banyak hal yang menjadi faktor pendorong kenapa ini menjadi penting untuk harus kita jaga bersama, selain karena fitur geologis dan kekayaan biodiversitas yang ditinggalkan. Wallacea mempunyai pengaruh terhadap pola imigrasi manusia purba yang mengakibatkan karakteristik genetik populasi etnis yang sangat penting dalam dunia kedokteran serta keanekaragaman budaya yang dimiliki,” jelas Prof JJ.

Selain rektor unhas, terdapat beberapa pembicara yang hadir dan mengemukakan gagasannya kepada para peserta yang hadir. Adapun narasumber lainnya yakni Arfan Sabran (documentary filmmaker), Biondi Sima (founder of palu produktif, digital government consultant), Firzan Nainu (Fakultas Farmasi, Unhas), Muhammad Hendra Himawan (ISI Surakarta), Nurhaya Nurdin (Fakultas Keperawatan, Unhas).

News Feed