English English Indonesian Indonesian
oleh

BPK RI Tuan Rumah Konferensi Lembaga Pemeriksa Keuangan Dunia

FAJAR, MAKASSAR-Tata kelola dan kinerja lembaga pemeriksa keuangan, Badan Pemeriksaan Keuangan RI terus membaik. Terbaru, BPK RI ditunjuk sebagai penyelenggara konferensi lembaga pemeriksa keuangan dunia.

Kepala Biro Humas dan KSI BPK RI, R Yudi Ramdan Budiman merilis, informasi terkait pertemuan ke-59 Pengurus Organisasi Lembaga Pemeriksa se-Asia atau Governing Board Asian Organization of Supreme Adult Institution (GB ASOSAI). Pertemuan itu memutuskan bahwa BPK RI ditunjuk sebagai tuan rumah Konferensi Internasional Lembaga Pemeriksa sedunia atau Internasional Conference of Supreme Adult Institution (INCOSAI) pada tahun 2028 yang merupakan periode regional Asia.

“Tuan rumah INCOSAI dimaksud menandai keketuaan BPK pada Organisasi Lembaga Pemeriksa sedunia International Organization of Supreme Adult Institutions (INTOSAI) Tahun 2028-2031,” katanya dalam siaran pers.

Hasil pertemuan tersebut akan disahkan pada ASOSAI Assembly ke-16 di India pada tahun 2024. Keketuaan BPK pada Organisasi lembaga pemeriksa sedunia tersebut merupakan yang pertama kali sejak INTOSAI berdiri pada 1953.

INTOSAI merupakan organisasi lembaga pemeriksa negara-negara sedunia yang bersifat otonom, independen, dan non-politis yang bertujuan mendorong tata kelola sektor publik dengan memperkuat peranan lembaga pemeriksa untuk membantu meningkatkan kinerja pemerintah yang transparan, akuntabel, dan kredibel serta memberikan manfaat bagi publik di negara masing-masing.

Saat ini INTOSAI memiliki 195 anggota penuh, lima anggota rekanan, dan dua anggota terafiliasi. BPK sendiri menjadi anggota penuh sejak tahun 1968. Keketuaan 2022-2025 saat ini dipegang oleh regional Amerika (SAI Brazil), dan keketuaan 2025-2028 dipegang oleh regional Afrika (SAI Mesir).

News Feed