English English Indonesian Indonesian
oleh

Jadi Sarana Edukasi, Kebun di SMPN 1 Pangkajene Ini Bantu Jaga Ketahanan Pangan Hingga Tekan Stunting

FAJAR, PANGKEP– Kebun edukasi SMPN 1 Pangkajene jadi sarana edukasi tersendiri bagi pelajar yang ada disana. Keberadaan kebun edukasi itu selain membantu menekan angka stunting dan menjaga ketahanan pangan juga sarana edukasi bagi pelajar.

Hal itu disampaikan Kepala SMPN 1 Pangkajene, Dr Mansyur bahwa kehadiran kebun edukasi ini sangat membantu pelajar sebab menjadi sarana untuk aplikasi langsung pembelajarannya di kebun ini.

“Seperti mata pelajaran matematika, itu bisa langsung disini karena bentuk-bentuknya beragam di kebun ini. Misalnya khusus untuk kangkung itu bentuk persegi jadi bisa dihitung ukurannya,” ungkapnya, Kamis (21/9/2023).

Lebih lanjut, pihaknya sangat bersyukur kehadiran kebun edukasi yang dikelola bersama guru-guru ini juga membantu menjaga ketahanan pangan dan menekan angka stunting bagi anak.

“Kita sudah pernah panen juga, siapa yang mau sayur bisa diambil. Baik itu guru maupun anak kita boleh diambil untuk diolah di rumahnya, jadi melengkapi kebutuhan gizinya,” katanya.

Sementara itu, Koordinator Kebun Edukasi, Umar menyampaikan ada sembilan jenis sayuran di kebun ini, bahkan juga sudah ada green house untuk pengelolaan hidroponik.

“Beragam sayuran disini, seperti kangkung, sawi, ada tomat, selada, pakcoy dan lainnya. Kita juga memanfaatkan pupuk yang digunakan yaitu kompos yang kita olah sendiri,” jelasnya.(fit)

News Feed