English English Indonesian Indonesian
oleh

Milenial Fest Makassar, Prof Ruslin Ajak Pemuda Siapkan Diri Menuju Indonesia Emas

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Hasanuddin (Unhas) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Milenial Fest Makassar 2023 pada Selasa, 19 September 2023 di Ballroom Hotel Unhas. Milenial Fest Makassar merupakan kegiatan konferensi yang diinisiasi Pemerintah Kota Makassar, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Merial Institute.

Kegiatan yang mengangkat tema “Identity” ini menghadirkan pembicara di kalangan milenial dan tokoh Makassar dengan topik-topik menarik. Unhas sendiri menghadirkan sosok Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K).

Di hadapan pemuda Makassar yang terlibat dalam Milenial Fest ini, Prof Ruslin mengimbau agar seluruh pemuda menyiapkan diri menyambut Indonesia Emas 2045. Pada kesempatan ini, ia juga menyampaikan bahwa Unhas sebagai institusi juga ikut andil menyiapkan pemuda menghadapi 2045. Salah satunya dengan cara reorientasi kurikulum pendidikan.

“Tahun 2023 ini Unhas telah menerapkan kurikulum baru K-23 sebagai upaya menyiapkan generasi muda yang kompeten. Di kurikulum baru ini kami menyiapkan ruang lebih banyak kepada mahasiswa untuk meningkatkan soft skill dengan cara mengonversi kegiatan mahasiswa menjadi SKS, baik itu di bidang organisasi maupun prestasi dan kegiatan lain di luar aktivitas perkuliahan,” ungkapnya.

Selain itu, Prof Ruslin juga mengajak pemuda untuk bergerak cepat dan beradaptasi terhadap perubahan. Ia juga menggelorakan semangat dari Timur untuk pemuda-pemuda Makassar yang nantinya akan menjadi generasi penentu untuk Indonesia Emas.

“Matahari terbit dari timur, orang-orang dari timur pasti berkualitas. Dari timur untuk Indonesia. Kita tidak boleh kalah, harus improve dan harus menjemput Indonesia emas 2045,” tutupnya.

Pada kesempatan ini hadir pula Walikota Makassar yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kota Makassar, Drs A Irawan Bangsawan MSi. Dalam pidatonya, ia mengatakan generasi milenial punya karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya. Untuk itu, Pemkot Makassar memberikan perhatian dan ruang khusus untuk pengembangan generasi milenial.

“Pemerintah Makassar memberikan perhatian, karena membangun suatu daerah harus melibatkan anak muda. Dalam setiap kesempatan selalu secara khusus digarisbawahi untuk menghadirkan milenial. Makassar menyediakan ruang dan fasilitas olahraga. Jadi mahasiswa jangan kuliah saja, tapi membangun karakter dalam organisasi dan leadership. Karakterlah yang membuat kita berbeda,” terangnya.

Selain dua pembicara di atas, Milenial Fest Makassar juga menghadirkan sejumlah pembicara seperti Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Makassar, Andi Pattiware B Djemma, Tokoh Perempuan Sulsel Indira Mulyasari, dan Content Creator Mariesa Giswandhani.(*)

News Feed