English English Indonesian Indonesian
oleh

Milad ke-69 Gelar Haul untuk Pendiri UMI

FAJAR, MAKASSAR — Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menggelar zikir, doa bersama, dan haul (peringatan) untuk menghargai jasa-jasa pendiri UMI, Senin, 19 Juni 2023.

Dipimpin oleh Habib Dr HC Abubakar bin Hasan Alatas Azzabidi, kegiatan ini digelar di Auditorium Al Jibra UMI.

Rektor UMI, Prof Basri Modding mengatakan, seluruh civitas akademika bersama berdoa dan berzikir untuk kebaikan UMI ke depannya. Juga mendoakan para pendiri UMI.

Ada doa khusus menghadapi keadaan tiap tahun yang dilakukan. Sehingga jika ada hambatan bisa diselesaikan dengan mudah.

“Tentu permohonan ini adalah inti doa-doa yang bakal diijabah agar UMI terhindar dari bencana,” ucap Prof Basri.

Ahli Ulama Habib Dr HC Abubakar bin Hasan Alatas Azzabidi memaparkan, amal yang tidak terputus kata Rasulullah SAW ada dua. Yaitu mereka yang mendirikan sumur, dan para pemberi ilmu pengetahuan.

“Bayangkan para pendiri sumur airnya dikonsumsi. Sebab air selalu yang di butuhkan mahluk hidup. Lalu ilmu pengetahuan yang diajarkan tidak berhenti diantarkan per detik. Berapa besar amal jariahnya,” tuturnya.

Sementara peringatan milad yang dirangkaikan zikir dan doa bersama untuk mengenang para pendiri. Apa yang diperoleh UMi selama ini menjadi hal baik bagi semuanya karena dimulai dari para pendiri.

“Ini sesuatu yang terus terjadi. Berkat para pendiri sehingga UMI bisa berada sejauh ini. Bayangkan saja kita sudah tidak mampu hitung bagaimana semangat KH Ramly membangun satu pendidikan besar, yang akhirnya menjadi pendidikan yang bergengsi,” pungkasnya. (wis)

News Feed