English English Indonesian Indonesian
oleh

Human Resource Berperan Strategis dalam Perusahaan

FAJAR, MAKASSAR-Human Resource (HR) dalam sebuah perusahaan bukan hanya bertugas sekadar administrasi. Namun memiliki peran strategis sebagai bisnis partner dalam sebuah perusahaan.

DPD Perhimpunan Manajemen Sumberdaya Manusia (PMSM) Sulsel mengajak seluruh HR di Sulsel untuk berevolusi menjadi diskusi partner untuk sebuah perusahaan mencapai goalsnya. Selain itu, HR menurutnya harus dinamis dalam perusahaan.

Ketua DPD PMSM Sulsel Disa Rizky Novianty, menyebut peran HR bukan hanya sebagai administrasi saat ini sudah berubah melainkan partner bisnis. Agar menjadi bagian praktisi yang berperan dalam perusahaan.

“HR harus paham bisnis jadi nda adalagi nggak bisa baca lapor keuangan, kondisi perusahaan, dan proses bisnis agar bisa memberikan solusi terhadap masalah karyawan. Karena perubahan sangat cepat dan bisnis dinamis orangnya harus adaptif karena HR sebagai change agent,” ujar Disa di depan 70 peserta.

Ia berharap HR berubah karena karyawan adal aset terbesar sebuah perusahaan untuk meningkatkan keuntungan. Dan tugas development karyawan bukan hanya tugas HR tapi leader setiap departemen.

GM Human Capital Charoen Pokphand Eastern Indonesia Baso Alim Bahri, mengatakan HR menjalankan empat fungsi mulai dari administrasi, karyawan, partner strategis dan agen perubahan untuk sebuah perusahaan. HR harus mengetahui bahwa bertuga sebagai problem sovling untuk membuat nyaman karyawan.

“HR bisa bergerak di departemen untuk memberikan pelatihan ketika karyawan menghadapi masalah bagian departemen masing-masing bisa menyelesaikannya,” ujarnya. Pada acara ini hadir juga Abdul Haris Sulaiman, Manajer Corporate Comonication & Digital Servicies, Galesong Group. (mil/)

News Feed