English English Indonesian Indonesian
oleh

Polisi Terapkan Rekayasa Lalin MNEK 2023, Sejumlah Ruas Jalan Ditutup

FAJAR, MAKASSAR– Satlantal Polrestabes Makassar akan menerapkan rekayasa lalu lintas dalam rangka mendukung pelaksanaan Event internasional Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023. Sejumlah titik ruas jalan akan ditutup dan dialihan sementara.

Rekayasa lalu lintas akan diterapkan beberapa hari pada rangkaian kegiatan MNEK 2023 yang diselenggarakan 5-8 Juni.

Kasatlantas Polrestabes Makassar, Kompol Amin Toha, mengatakan rekayasa lalu lintas akan diberlakukan selama dua hari. Tepatnya pada 5 Juni dan 8 Juni 2023 untuk dua rangkaian kegiatan.

Dijelaskannya, pada tanggal 5 Juni akan ada kegiatan welcome dinner di pelataran Anjungan Pantai Losari untuk menyambut kedatangan para peserta MNEK. Acara tersebut akan dimulai pukul 18.00 – 22.30 Wita.

Sedangkan pada tanggal 6 Juni akan diadakan kegiatan city parade dan peresmian monumen mulai dari Lapangan Karebosi menuju Pantai. Rute parade dimulai dari Jalan Ahmad Yani menuju Jalan Jenderal Sudirman, kemudian ke Jalan Haji Bau hingga mencapai lokasi acara di Jalan Penghibur dimulai pukul 14.00 – 18.00 Wita.

“Maka dari kami harapkan masyarakat menghindari jalan yang ditutup sementara untuk kelancaran arus lalu lintas,” ujarnya, Minggu, 4 Juni.

“Kami juga memohon maaf kepada pengguna jalan apabila merasa terganggu dengan adanya penutupan jalan nanti,” sambungnya.

Kendati demikian, dikatakan perwira polisi satu melati ini, meski ada rekayasa lalu lintas pihaknya tetap akan berupaya agar tidak terjadinya kepadatan atau kemacetan kendaraan. Sejumlah personel polantas telah disiapkan untuk melakukan pengaturan arus lalu lintas.

“Kami akan menyiapkan personel dengan memaksimalkan di titik-titik jalan dilakukannya penutupan agar arus lalu lintas tetap lancar dan kegiatan MNEK 2023 bisa sukses terselenggara,” tandasnya.

Selain rekayasa lalu lintas, Satlantas Polrestabes Makassar juga telah berkoordinasi dengan seluruh satuan kerja yang sama dari pemerintah kota dan panitia penyelenggara. Telah disiapkan sejumlah titik lokasi parkir bagi pengunjung demi kelancaraan lalu lintas.

“Jadi tidak perlu khawatir (kemacetan), karena dari panitia kita juga koordinasikan terkait lokasi parkiran untuk pengunjung,” pungkasnya.

Untuk diketahui Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2023 merupakan event internasional yang diselenggaran oleh TNI AL. MNEK adalah latihan non tempur yang mengutamakan kerja sama maritim di kawasan, penanggulangan bencana, dan operasi kemanusiaan dalam rangka mempererat kerja sama TNI AL dengan negara sekutu.

Tahun ini MNEK 2023 yang ke-4 diselenggarakan di Makassar dengan tema “Partnership To Recover and To Rise Stronger” dan akan diikuti oleh 36 negara Angkatan Laut.(maj)

Berikut penjelasan rekayasa lalu lintas MNEK 2023 yang diterapkan : 

● KEGIATAN WELCOME DINER, 5 JUNI (18.00 – 22.30 WITA) ;

1. DARI ARAH JL. METRO TANJUNG BUNGA DI PUTAR KEMBALI KE JL. AR SALEH KEMUDIAN BELOK KANAN JL. LAMADUKELLENG KE ARAH JL. ARIF RATE 

2. DARI ARAH JL. SOMBA OPU DI ARAHKAN BELOK KIRI KE JL. DATU MUSENG 

3. DARI ARAH JL. HAJI BAU DI ALIHKAN KE JL. RAJAWALI, JL. METRO TANJUNG BUNGA, JL. AR.SALEH 

● KEGIATAN CITY PARADE & PERESMIAN MONUMEN MNEK 2023, 6 JUNI (14.00 – 18.00 WITA)

1. DARI ARAH JL. A. YANI DI ALIHKAN KE JL. BALAI KOTA, JL. KAJALADIDO. 

2. DARI ARAH JL. BAWAKARAENG DI ARAHKAN LURUS KE JL. KARTINI DAN BELOK KANAN KE JL. SUDIRMAN 

3 DARI ARAH JL. S. SADANG BELOK KIRI KE JL. SUDIRMAN, JL. RATULANGI, JL. KARUNRUNG

4. DARI ARAH JL. RATU LANGI KE JL. JEND. SUDIRMAN BELOK KANAN KE JL. MONGOSIDI, KEMUDIAN BELOK KIRI KE JL. HAJI BAU, JL. EMYSAELAN, JL. HAIRIL ANWAR 

5. DARI ARAH JL. BOTOLEMPANGAN & JL. KAJALADIDO BISA BELOK KANAN KE JL. USMAN JAFAR ATAU BELOK KIRI KE JL AMANAGAPPA

6. DARI JL. HAJI BAU BELOK KIRI KE JL. CENDRAWASIH & LURUS KE JL. METRO TANJUNG BUNGA & BELOK KANAN ARIF RATE

7. DARI ARAH JL. HJ.BAU LURUS KE JL. METRO TANJUNG BUNGA & LURUS JL. RAJAWALI 

8. DARI ARAH JL. METRO TANJUNG BUNGA MEMUTAR BALIK KE JL. DANAU METRO TANJUNG BUNGA.

News Feed