English English Indonesian Indonesian
oleh

Vale Batalkan Penambahan Kuota Tenaga Kerja Non Staf, Masyarakat Kecewa

FAJAR, MALILI — Sempat tertunda, proses penerimaan tenaga kerja lokal non staf PT Vale Indonesia Tbk dilanjutkan. Kebutuhan tenaga kerjanya pun ditambah. Dari 117 orang menjadi 237 orang. Sayangnya, angin segar ini hanya sesaat saja. Sebab, jumlah penambahan kuota yang diumumkan secara resmi, Kamis, (1/06/23) tiba-tiba dibatalkan.

PT Vale Indonesia Tbk mengumumkan pembatalan tambahan kuota tersebut Jumat, (02/06/23). Sementara jadwal tes psikotes yang dijadwalkan, di SMP YPS, Sabtu (03/06/23) tetap dilanjutkan dengan jumlah peserta 1300 orang lebih. Dari ribuan peserta ini, PT Vale Indonesia Tbk hanya menerima 117 orang di beberapa posisi.

Berdasarkan pantau FAJAR di SMP YPS, seluruh barang bawaan peserta kecuali alat tulis disimpan di pos jaga. Seluruh peserta tak diperbolehkan membawa handphone atau alat elektronik lainnya. Kegiatan tes dibagi dua sesi.

Peserta sesi pertama mulai berkumpul pada pukul 08.00 Wita. Kemudian tes dimulai pada pukul 09.00 Wita. Berakhir pada pukul 11.00 Wita. Sebagian besar peserta mengaku sangat kecewa. Bukan kecewa karena sulitnya menjawab soal tes.

Akan tetapi, kecewa dengan pembatalan penambahan kuota tenaga kerja yang akan diterima. Peserta menyebut, pihak manajemen PT Vale Indonesia Tbk tidak konsisten dalam mengambil keputusan. “Ada apa sebenarnya ini. Kenapa tiba-tiba dibatalkan jumlah 237 orang yang mau diterima. Tepat sekali mi ini dengan jumlah pelamar ribuan. Ini juga pasti sesuai kebutuhan tenaga kerja di perusahaan,” kata peserta berinisial ZF kepada FAJAR.

News Feed