English English Indonesian Indonesian
oleh

Studi Banding Ke Bali, Kesmas FKM UMI Belajar Pelayanan RS

FAJAR, MAKASSAR–Sebanyak 47 mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat (kesmas), Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar kembali diterjunkan melakukan kunjungan studi banding.

Kali ini di Rumah Sakit Umum Daerah Bali Mandara, Provinsi Bali yang digelar mulai Kamis, 25 Mei 2023.

Kunjungan mahasiswa disambut baik oleh Direktur Rumah Sakit dalam hal ini diwakili oleh Wakil Direktur ASD RSUD Bali Mandara Provinsi Bali, dr. I Gusti Ngurah Putra Dharma Jaya, M.Kes

Selama kunjungan, rombongan dari UMI Makassar mendapatkan kesempatan untuk mengunjungi berbagai area, yakni area layanan kanker terpadu, area rawat jalan dan poliklinik, area rawat inap, dan area IT dan server.

Dosen Prodi Kesehatan Masyarakat, Dr. A. Rizki Amelia, SKM., M. Kes mengatakan kegiatan studi banding untuk mengunjungi atau menemui obyek tertentu yang sudah disiapkan dan berlangsung dalam waktu relatif singkat. 

“Intinya adalah kita membandingkan kondisi obyek studi di tempat lain dengan kondisi yang ada di tempat sendiri,” ucapnya.

Sehingga didapatkan hasilnya berupa pengumpulan data dan informasi sebagai bahan acuan dalam perumusan konsep yang diinginkan. 

“Hasil studi banding yang didapatkan  adanya informasi terkait sistem informasi ra berbasis online di 4 bagian yaitu area layanan kanker terpadu, area rawat jalan dan poliklinik, area rawat inap dan area it dan server,” ungkapnya.

Selain itu mahasiswa juga memperoleh gambaran perbandingan RS di Bali dengan daerah lainnya.(wis)

News Feed