English English Indonesian Indonesian
oleh

Risiko Tinggi Game Online pada Anak, Bisa Picu Kecanduan Parah

Sindrom quervain yaitu terjadinya kelainan yang disebabkan oleh peradangan tendon, kondisi tersebut bisa dipicu oleh gerakan tangan berulang seperti halnya saat bermain game online. Seseorang yang mengalami penyakit ini biasanya mengalami nyeri serta rasa sakit pada pergelangan tangan jika tidak segera ditangani lebih lanjut.

Contoh game online yang bukan untuk anak adalah game action. Di dalam game action, terdapat adegan-adegan yang seharusnya tidak dipertontonkan untuk anak usia dini, karena akan mengajarkan anak untuk berkelahi dan adegan kekerasan lainnya.

Jadi, bahaya dari kecanduan bermain game online sangat merugikan bagi kesehatan seseorang seperti kecanduan yang mengakibatkan masalah pada penglihata, serta rusaknya saraf-saraf pada bagian tubuh seseorang.

Lantaran efeknya yang sangat berbahaya, Anda perlu sebisa mungkin mencegah anak dari kecanduan game. Pasalnya jika ia sudah terjadi, mengobatinya akan semakin sulit. Cegahlah segera dengan melakukan langkah berikut

Pertama, pastikan Anda mengawasinya saat bermain. Beberapa orang tua mungkin memutuskan untuk melarang anaknya bermain game online sama sekali. Meski begitu, jika tetap membiarkannya, maka dari itu pastikan anak bermain di bawah pengawasan Anda.

Tujuannya agar Anda mengetahui apa yang dimainkannya dan ia tidak kehilangan interaksi dengan orang sekitar.

Kedua, batasi waktu jika anak bermain sendiri. Anak bermain sendiri memang memberikan manfaat. Ia dapat mengenal dirinya dan bebas mengembangkan kemampuan. Namun ingat, hal ini juga berisiko memberikan peluang baginya untuk bermain game online sesuka hati yang berdampak negatif

News Feed