English English Indonesian Indonesian
oleh

Pasepa Himaspa 2023: Pagelaran Seni Jepang hingga Lomba Khusus untuk Pelajar SMA

FAJAR, MAKASSAR-Himpunan Mahasiswa Sastra Jepang (Himaspa) Keluarga Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya (KMFIB) Universitas Hasanuddin (Unhas) akan kembali menggelar Pagelaran Seni Himaspa (Pasepa Himaspa) 2023 dengan tema Natsu Matsuri. Acara ini dijadwalkan akan berlangsung pada tanggal 9-10 Juni 2023 di Aula Mattulada FIB Unhas dan Atrium Tokyo Mall Phinisi Point.

Ketua HIMASPA KMFIB Unhas, Handoyo Mulyo mengungkapkan bahwa tujuan dari Pasepa ini adalah untuk mengenalkan budaya Jepang lebih dekat kepada masyarakat luas serta memberikan kesempatan kepada anggota HIMASPA untuk menampilkan bakat yang dimiliki.

“Pasepa bertujuan sebagai tempat untuk memperkenalkan budaya Jepang kepada masyarakat luas sekaligus wadah untuk menampilkan bakat yang dimiliki anggota kami,” jelas Handoyo.

Menariknya, Pasepa Himaspa tahun ini akan diadakan di dua tempat yang berbeda. Pertama, acara akan dimulai di aula Mattulada pada Jumat, 9 Juni 2023, dan dilanjutkan di Atrium Tokyo Mall Phinisi Point Makassar pada Sabtu, 10 Juni 2023. Ini merupakan kali pertama Pasepa diadakan di Mall Phinisi Point, yang dikenal sebagai lokasi kegiatan yang berhubungan dengan Jepang seperti Pasepa ini.

Dalam rangkaian kegiatan Pasepa Himaspa 2023, berbagai acara menarik akan digelar. Di antaranya, Demo Yukata, penampilan Tarian tradisional Jepang Senbonzakura, Puisi Jepang Haiku, serta masih banyak lagi. Tak hanya itu, akan ada lomba yang diselenggarakan khusus untuk pelajar SMA/Sederajat, seperti lomba Kanji, Baca Kana, Pidato, dan Cerdas Cermat. Selain itu, terdapat juga lomba yang dibuka secara umum, seperti Cosplay Walk, J-Song, Yonkoma Manga, dan Fan art, dengan total hadiah mencapai jutaan rupiah.

Ketua Panitia Pasepa Himaspa 2023, Akbar Ashari, juga menyampaikan bahwa terdapat tenant F&B yang akan menyediakan berbagai makanan dan minuman, termasuk hidangan khas Jepang seperti Takoyaki dan Sushi.

“Sembari menikmati atmosfer Natsu Matsuri atau musim panas, seluruh pengunjung juga dapat menikmati masakan ala Jepang seperti Takoyaki dan Sushi yang disediakan oleh tenant F&B kami,” ucap Akbar.

Perlu diketahui, Pasepa Himaspa merupakan festival budaya yang telah rutin diadakan sejak tahun 2010. Pesta budaya ini pertama kali diselenggarakan di Mall GTC pada tanggal 26-28 Februari 2010. Dengan melanjutkan tradisi ini, panitia berharap agar penyelenggaraan Pasepa tahun ini dapat menjadi yang terbaik hingga saat ini dan tetap konsisten diadakan pada tahun-tahun mendatang. (*/)

News Feed