English English Indonesian Indonesian
oleh

Andi Takdir Jadi Caleg di Parepare, Perjuangkan Hak Difabel

FAJAR, PAREPARE— Pemilihan legislatif (Pileg) di Parepare mendatang bakal menarik. Sejumlah tokoh masyarakat ikut menghiasi pertarungan kali ini. Menariknya, calon legislatif (caleg) disabilitas pun tak mau ketinggalan. Seperti halnya Andi Takdir yang merupakan caleg difabel dari Partai Nasdem Parepare.

Pria yang akrab disapa Takdir ini tak kikuk maju sebagai caleg meski sadar dirinya punya banyak kekurangan. Justru dirinya optimis mampu bersaing memperebutkan kursi di Dapil 1 Bacukiki Barat Parepare.

Bagi Takdir, anggapan remeh dan kerap dicap caleg nekat bukan halangan baginya. Sebaliknya, dia tidak mempermasalahkan dan menganggap hal itu lumrah mengingat keterbatasan fisik yang dimiliknya.

“Saya sudah sering di bully. Tetapi, alhamdulillah ada saja yang terus mendukung saya,” ungkap Takdir, Selasa, 23 Mei.

Cacian tersebut bahkan kerap dia dapatkan dalam interaksi media sosial. Apalagi meremehkan keinginannya menjadi wakil rakyat karena kondisi fisik yang tidak seperti kebanyakan orang lainnya.

“Di media sosial saya memang harus bisa lebih sabar. Dibilangi kerdil lah, manusia 100 centimeter lah. Tapi bagi saya itu hal lumrah,” sambung pria yang dikenal seniman itu.

Karena itu, tekad Takdir maju dalam pertarungan kali ini bukan karena ingin membalas penghinaan itu. Ini semua berkat dorong demi membuat kota tempat tinggalnya lebih ramah dengan kaum difabel.

“Saya yakin bisa bersaing. Saya bersyukur masih banyak teman-teman dan kerabat yang mendukung saya. Makanya saya merasa percaya diri,” katanya lagi.

News Feed