English English Indonesian Indonesian
oleh

UT Wisuda 353 Alumni, Terbanyak FKIP

FAJAR, MAKASSAR-Sebanyak 353 mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Makassar mengikuti wisuda kelulusan program diploma, sarjana dan magister periode yudisium tahun 2022/2023 di Hotel Claro, Senin 22 Mei 2023.

Rektor Universitas Terbuka (UT) Prof Drs Ojat Darojat, M.Bus, Ph.D, diwakili Dekan FHISIP UT, Muh. Husni Arifin, S.Ag, M.Si, P.hD mengimbau kepada wisudawan dan wisudawati agar memberikan kontribusi nyata ditengah-tengah masyarakat. “Karena tantangan sesungguhnya yang dihadapi setelah menyelesaikan studi adalah bagaimana mengabdikan ilmunya di masyarakat,” kata Husni Arifin.

Selain itu bagaimana membantu pemerintah dalam menyiapkan dan mewujudkan lahirnya generasi emas Indonesia tahun 2045. Direktur UT Makassar, Prof Dr H Abdul Rahman Rahim, SE, MM dalam laporannya, mengatakan yang diwisuda berasal dari empat fakultas, dan yang terbanyak alumninya adalah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebanyak 212 orang.

Menyusul Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Politik (Fhisip) 111 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 26 orang serta Fakultas Sains dan Teknologi 4 orang. Mereka berasal dari 24 kabupaten/kota di Wilayah UPBJJ-UT Makassar. “Kegiatan wisuda diawali seminar akademik sehari sebelum wisuda diikuti 278 orang dari 24 Kabupaten/Kota se-Sulsel,” kata Prof Rahman.

Mengambil tema “Tantangan dan Peluang Dunia Pendidikan di Indonesia dalam Melahirkan Generasi Emas Tahun 2045” dengan alasan tantangan yang dihadapi dunia pendidilan di Indonesia adalah kesenjangan pendidikan antara perkotaan dan pedesaan. Baik itu dalam akses, kualitas, dan fasilitas antara kota besar dan wilayah terpencil.

“Fenomena ini tentu mememgaruhi kesempatan belajar yang adil bagi seluruh anak Indonesia,” bebernya. Dengan kuliah di UT menjawab sejumlah tantangan tersebut. Hadir dalam acara wisuda adalah Staf Ahli Gubernur Sulsel Dr Andi Mappatoba, MH, Sekjen IKA UT Pusat, Drs Leles Sudarmanto, M.BA dan Direktur UT Makassar periode 2019/2023, Drs Hasanddin, M.Si. (nas)

News Feed