English English Indonesian Indonesian
oleh

Aksara FIP UNM Bakal Pentas Milad, Angkat “Islamisasi di Bulu’ Tana”

FAJAR, MAKASSAR-Apresiasi Komunitas Seni dan Sastra (AKSARA) Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Makassar (UNM) bakal menggelar pemetasan seni Milad ke-14. AKSARA mengangkat tema pementasan “Singara’ Kalassukang ri Kampong Toa” di Kampus IV FIP UNM Tammalate I, Rabu, 24 Mei mendatang.

Pangulu (Ketua Umum) Aksara FIP UNM, Andi Fitriah Ramadhani menjelaskan tema yang menjadi cikal garapan pemetasan yang bakal dihelatnya. Kata dia, tema tersebut berarti “Kelahiran Cahaya di Kampung Tua” secara historis merujuk pada proses masuknya ajaran Islam di salah satu wilayah di Gowa secara lokasi spesifik itu berada di Bulu’ Tana.

Ia memaparkan, masuknya ajaran Islam tersebut dibawa oleh seorang tokoh bernama Karaengta’ Data’ yang pada saat itu masyarakat masih berpegang pada kepercayaan nenek moyang Animisme. “Jadi untuk tema kali ini menyajikan proses islamisasi di wilayah Bulu’ Tana'” sebutnya.

Ia membeberkan, dengan garapan tersebut pihaknya tekah melakukan riset dan observasi di Kecamatan Bulu’ Tana Gowa dengan melibatkan langsung para talen yang bakal tampil pada acara pementasan tersebut. Untuk perolehan informasi, kami melakukan observasi dan langsung mewawancarai tokoh masyarakat di Kelurahan Bulu’ Tana Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Bukan hanya mengupas sejarah, lanjut Fitriah unsur kesenian serta kesusasteraan pada masa itu juga dikupas pada proses observasi. Termasuk musik, tarian, sestra kesastraan wilayah tersebut yang lebih merujuk pada proses masuknya agama di wilayah itu. “Setiap tahunnya Aksara menyajikan garapan yang mengajak masyarakat untuk ziarah sejarah dan budaya,” pungkasnya.

News Feed