English English Indonesian Indonesian
oleh

Ini Latar Belakang Anggota Bawaslu Sulsel Terpilih, Mardiana Rusli Satu-satunya Perwakilan Perempuan

FAJAR, MAKASSAR-Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI telah mengumumkan tujuh anggota Bawaslu Sulsel periode 2023-2028 terpilih. Mereka (grafis) lolos hasil uji kelayakan dan kepatutan. Dua orang merupakan petahana Bawaslu Sulsel, tiga ketua Bawaslu kabupaten, dan satu ketua KPU kabupaten, serta satu perempuan yang merupakan mantan Komisioner KPU Sulsel.

Sementara dua petahana Bawaslu Sulsel tidak lolos yaitu, Asradi dan Amrayadi yang hanya masuk cadangan dalam 14 besar. Bawaslu RI secara resmi mengumumkan tujuh komisioner baru Sulsel itu yang ditandatangani Rahmat Bagja sebagai Ketua Bawaslu RI, Jumat, 5 Mei. Ketujuh komisioner ini akan dilantik pada Selasa, 9 Mei 2023.

Anggota Bawaslu Sulsel terpilih, Saiful Jihad mengucapkan rasa syukur karena dapat melalui ujian sebagai komisioner Bawaslu Sulsel periode 2023-2028. “Terima kasih atas dukungannya. Mohon selalu dukungannya dalam menjalankan amanah yang diberikan,” kata Saiful, Minggu, 7 Mei.

Abdul Malik yang saat ini menjabat Ketua Bawaslu Wajo juga menyampaikan rasa syukurnya usai dipercaya naik kelas. “Alhamdulillah sangat bersyukur atas kesempatan ini,” ujarnya. Abdul Malik diketahui merupakan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII). Dia juga doktoral Konsentrasi Syariah dan Hukum UIN Alauddin Makassar 2009-2016 dan pernah menjabat sebagai Ketua GP Ansor Wajo 2014-2018.

Ketua Bawaslu Gowa Samsuar Saleh juga mengaku berbangga. Samsuar menyebutkan, awalnya ada 155 orang yang ikut sebagai peserta. Dalam berbagai tahap, menyisakan 14 nama untuk ikut tahapan uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test), kemudian, disaring tujuh nama. “Inilah hasil yang terbaik menurut pimpinan,” tuturnya.

Ia pun siap meneruskan apa yang telah dibangun oleh pendahulunya serta memberikan inovasi di Bawaslu Sulsel. Sebab baginya, menjadi bagian pengawas publik menjadi tantangan tersendiri. “Saya harus memberikan makna di keberadaan saya pada posisi ini. Dengan tetap memberikan hal-hal yang sesuai demokrasi,” ucapnya.

Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi menyampaikan selamat kepada para komisioner terpilih. Setelah dua periode, Laode Arumahi akan menanggalkan jabatannya usai pelantikan komisioner baru besok, Rabu, 9 Mei.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas dukungan seluruh pihak selama dirinya menjadi komisioner. Menurutnya, kebersamaan yang dilandasi oleh keikhlasan satu sama lain melahirkan sebuah tim yang solid. “Menjalankan tupoksi Bawaslu Sulsel dengan segala prestasi secara nasional sekaligus menjadi tantangan kepemimpinan berikutnya,” ujarnya. (rul-wis/ham)

Anggota Bawaslu Sulsel
Terpilih periode 2023-2028

  1. Abdul Malik (Ketua Bawaslu Wajo)
  2. Adnan Jamal (Anggota Bawaslu Sulsel)
  3. Alamsyah (Ketua KPU Pinrang)
  4. Andarias Duma (Ketua Bawaslu Toraja Utara)
  5. Mardiana Rusli (Eks Komisioner KPU Sulsel/Direktur JaDI Sulsel)
  6. Saiful Jihad (Anggota Bawaslu Sulsel)
  7. Samsuar Saleh (Ketua Bawaslu Gowa)

News Feed