English English Indonesian Indonesian
oleh

Semarak OTDA, Kepala Daerah Menjejal Cita Rasa Coto Makassar

FAJAR, MAKASSAR-– Ratusan kepala daerah memeriahkan acara Hari Otonomi Daerah ke XXVII di Kota Makassar.

Acara dibuka dengan perhelatan upacara OTDA XXVII, dan dihadiri langsung 527 daerah. Pun disemarakkan dengan 200

Penari di atas perahu katinting milik nelayan sekitar tepat di depan anjungan City Of Makassar, Anjungan Losari.

Yang unik, usai upacara berlangsung, para kepala daerah disuguhkan salah satu makanan andalan Makassar, yakni Coto. Makassar tetap berkomitmen menunjukkan tagline Makassar Makan Enak

Para kepala daerah mendapatkan kesempatan Menjejal Cita rasa lima Coto andalan di Kota Makassar yaitu Coto Gagak, Coto Daeng Tayang, Coto Makka, Coto Ranggong dan Coto Nusantara. 

Makanan khas Makassar berbahan dasar daging sapi ini memang menjadi salah satu daya tarik bagi Kota Makassar. Sejumlah kepala daerah mengapresiasi acara yang dihelat tersebut. Khususnya karena mendapatkan kesempatan mencicipi makanan khas Makassar di salah satu Ikon Makassar yakni Losari.

Bupati Bogor, Iwan Setiawan yang ditemui FAJAR mengatakan tagline Makan Enak ini seyogianya sangat pas disematkan di Makassar, terutama saat mencicipi Coto di tengah anjuang Losari ditemani angin laut Mammiri.

“Kita sudah lihat Makassar itu bergeser dari kota bahari menjadi kota kuliner,” imbuh Iwan.

Dia mengapresiasi hal ini, sebab Pemkot berhasil memaksimalkan potensi yang ada. Apalagi dengan menu coto sebagai pengenalan, ini kemudian menjadi sangat identik dengan Kota Daeng.

“Artinya tidak ke Makassar kalau tidak mencicipi coto, dan belum darang ke losari,” imbuhnya.

Pj Bupati Jayapura Triwarno mengaku cukup antusias dengan rangkaian acara yang dihelat, pun mengapresiasi sajian kuliner yang disajikan Pemkot Makassar.

“Coto Makassar ini luar biasa, saya sampai nambah,” jelasnya.

Dirinya juga mengapresiasi langkah dan upaya Pemkot dan Kemendagri dalam mensukseskan acara ini. 

“Semuanya sangat menarik, peringatan ini bukan cuma acara biasa, ini menjadi moment dalam membangkitkan komitmen dalam menyelenggarakan kemandirian daerah mendapatkan porsi lenih lagi,” tandasnya.

Sekda Kota Makassar, M Ansar mengatakan dipilihnya Coto sebagai salah satu sajian yang diberikan bukan tanpa alasan, coto telah hadir sebagai bagian dari identitas kuliner di Makassar.

Selain itu Makassar juga telah berkomeitmen untuk mendorong Kota Makan Enak, sebagai bagian dari kampanye untuk meningkatkan pariwisata kota.

“Jadi kita perlihatkan, kita persmebahkan semua, kenapa coto, ini jadi menu andalannya Makassar,” terang eks Kadis PU Makassar ini. (an).

News Feed