English English Indonesian Indonesian
oleh

Timsel Bawaslu di Sulsel Dibagi Empat Wilayah

FAJAR, MAKASSAR-Tim seleksi (Timsel) calon anggota Bawaslu di 24 kabupaten kota se-Sulsel sudah diumumkan. Mereka dibagi empat wilayah tugas.

Wilayah 1 meliputi, Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Sinjai, Selayar dan Takalar. Wilayah 2, Barru, Bone, Gowa, Pangkep, Makassar, dan Maros. Kemudian wilayah 3, Enrekang, Soppeng, Pinrang, Sidrap, Parepare, dan Wajo. Lalu, wilayah 4, Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Palopo (lihat frafis).

Dalam setiap wilayah, masing-masing ada lima anggota timsel. Penetapan nama Timsel Bawaslu di 24 kabupaten di Sulsel ini telah ditetapkan pada 19 April 2023 berdasarkan pengumuman nomor: 325/KP.01.00/K1/04/2023.

Salah satu Timsel wilayah 4, Azry Yusuf membenarkan pengumuman Timsel ini. Namun, tahapan seleksi ia sebut belum keluar. “Belum ada tahapan resmi, tetapi kemungkinan pada pertengahan bulan Mei sudah mulai diumumkan,” beber pria yang juga masih menjabat sebagai anggota Bawalsu Sulsel itu.

Diketahui masa jabatan Bawaslu di 24 kabupaten kota di Sulsel akan berakhir secara serentak pada Agustus 2023. Sementara untuk seleksi Bawaslu Sulsel, tersisa menunggu pengumuman saja. Jika mengacu pada tahapan, maka akan diumumkan pada 2 Mei 2023.

Ketua Timsel Bawaslu Sulsel periode 2023-2028, Anno Suparno mengatakan belum tahu secara resmi kapan Bawaslu RI akan mengumumkan tujuh komisioner Bawalsu Sulsel periode 2023-2028. “Tapi kalau di tahapan, pengumuman-nya tanggal 2 Mei,” jelansya.

Dia juga mengungkapkan, 15 calon anggota Bawalsu sudah mengikuti fit and proper test di Jakarta oleh Bawaslu RI. Sehingga sisa menunggu pengumuman saja.

Sementara seleksi KPU Sulsel, sebanyak 15 nama calon juga sudah di tangan KPU RI dan sisa menunggu pengumuman 7 besar setelah fit and proper test yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat. (mum/ham)

Grafis :
Timsel untuk
Bawaslu

Sulsel I
(Bulukumba, Bantaeng, Jeneponto, Selayar, Sinjai, dan Takalar)

  1. M Nawir
  2. Sufyanto
  3. Muhammad Syahid
  4. Mardia
  5. Muhammad Ridha

Sulsel II
(Barru, Bone, Gowa, Maros, Pangkap, dan Makassar)

  1. Syamsul Alam
  2. Cherly E. Tanamai
  3. Muhammad Jufri
  4. Asni
  5. Anshar Amirullah

Sulsel III
(Enrekang, Soppeng, Pinrang, Sidrap, Wajo, dan Parepare)

  1. Muhajir
  2. Prof Arrijani
  3. A Lukman Irwan
  4. Nurul Ulfah Muthalib
  5. Muhammad Alfa Sikar

Sulsel IV
(Luwu, Luwu Timur, Luwu Utara, Tana Toraja, Toraja Utara, dan Palopo)

  1. Asdar Thosibo
  2. Yan Malino
  3. Azry Yusuf
  4. Ratna Kahali
  5. Himar (*)

News Feed