English English Indonesian Indonesian
oleh

Posko Mudik BPJS Kesehatan, Ada Layanan Terapis Pijat bagi Pemudik

FAJAR, MAKASSAR – Syamsul Rijal dan Basri Maksud merasa bangga dan bahagia bisa memberikan layanan pijat kepada pemudik yang menunggu antrean pemberangkatan kapal di Posko Mudik Lebaran BPJS Kesehatan Tahun 2023 di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar.

“Bahkan selain yang mudik, tadi siang saya juga memijat Pak Direktur dan Pak Ketua Pengawas pas pembukaan, katanya enak pijatan saya, alhamdulillah. Jadi seneng dengarnya,” kata Syamsul.

Syamsul dan Basri akan stand by di Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar selama empat hari, Selasa higga Jumat 18-21 April 2023, sedangkan Posko Balik pada Selasa hingga Kamis, 25-27 April 2023.

Pada posko mudik kali ini, secara khusus BPJS Kesehatan Kedeputian Wilayah IX menggandeng Syamsul Rijal dan Basri Maksud untuk membantu memberikan layanan kepada pemudik yang berkunjung.

Selain di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, terapis pijat juga tersedia di lima titik posko mudik yang tersebar di beberapa tempat padat kunjungan pemudik. Hal ini dilakukan BPJS Kesehatan sebagai upaya untuk mendukung kelancaran aktivitas peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) maupun masyarakat luas yang melaksanakan mudik Lebaran 2023.

Lima Posko Mudik tersebut yaitu, Terminal Pulo Gebang Jakarta, Rest Area Tol Cikampek KM 57, Rest Area Tol Ungaran KM 429, Terminal Purabaya Sidoarjo, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar dan Posko Arus Balik terdapat di Rest Area 319 B Pemalang.

“Kami menggandeng ahli pijat tuna netra yang dihadirkan untuk membantu pemudik memanfaatkan sarana relaksasi di Posko Mudik BPJS Kesehatan. Ini juga sebagai upaya kontribusi kami dalam pemberdayaan peran penyandang disabilitas pada masyarakat,” kata Direktur SDM dan Umum BPJS Kesehatan, Andi Afdal saat peresmian Posko Mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar, Selasa 18 April kemarin.

Peresmian Posko Mudik di Pelabuhan Soekarno-Hatta, Makassar ini juga dihadiri oleh Kepala Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas 1 Makassar, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan, Pejabat PT Pelindo (Persero) Regional 4 Makassar, Pejabat dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Manusia RI.

Afdal menambahkan bahwa sebagai upaya menggencarkan sosialisasi dan edukasi terhadap Program JKN kepada pemudik, BPJS Kesehatan juga menghadirkan Pojok Mobile JKN.

Afdal berharap masyarakat bisa lebih mengenal dan memanfaatkan aplikasi yang disiapkan BPJS Kesehatan ini, karena memiliki banyak fitur untuk memudahkan peserta mengakses layanan JKN.

Selain sebagai sarana relaksasi dan edukasi Program JKN, di Posko Mudik BPJS Kesehatan para pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan seperti konsultasi kesehatan, pemeriksaan kesehatan, penyediaan obat-obatan, pemberian tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan.

Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar pemudik ke rumah sakit apabila harus segera mendapatkan pelayanan lebih lanjut. Pemudik juga bisa menikmati takjil gratis yang disediakan di posko.

“Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya. Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas tiga tim yang bertugas secara bergantian setiap delapan jam. Masing-masing tim tersebut terdiri atas dua orang petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter, dua orang paramedis, dan satu pengemudi ambulans,” ungkap Afdal.

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Laut, Operasi dan Usaha Kantor Otoritas Pelabuhan Makassar Mukminin memberikan apresiasinya kepada BPJS Kesehatan yang konsisten dan rutin dalam menyelenggarakan posko mudik di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar.

“Terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang konsisten dan rutin dalam menyelenggarakan posko di Pelabuhan Soekarno Hatta, Makassar. Karena pada saat ini mudik sudah tidak ribet syaratnya, pastinya penumpang akan banyak dan sangat terbantu adanya posko ini,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Rahmat Jaya menyampaikan kegiatan yang dilakukan BPJS Kesehatan ini tentu sangat dibutuhkan oleh para pemudik apalagi tahun ini arus mudik meningkat tajam.

“Untuk itu besar harapannya kedepan dapat bersinergi untuk membangun kegiatan-kegiatan yang memang masyarakat butuhkan seperti posko mudik BPJS Kesehatan ini,” tutur Rahmat. (ams)

News Feed