English English Indonesian Indonesian
oleh

Robotic Process Automation Indosat Bantu Efektifkan Operasional SDM Perusahaan

FAJAR, MAKASSAR-Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat) meraih penghargaan HR Initiative of the Year pada ajang Asian Telecom Awards 2023. Penghargaan ini diberikan atas pengembangan proyek Robotic Process Automation (RPA) bernama Administration Assistant Robotic Indosat (ASTRID), yang membantu menangani operasional SDM perusahaan.

Proyek ini mampu mengatasi tantangan dalam mengelola pekerjaan administratif yang sangat banyak, mulai dari proses onboarding hingga offboarding di berbagai touchpoint untuk 2800 karyawan. Terutama pada masa merger dengan lonjakan migrasi 1085 karyawan pada tahun 2022.

Menurut Director and Chief Human Resources Officer Indosat Ooredoo Hutchison Irsyad Sahroni, proyek RPA ini telah membantu karyawan untuk beralih dari pekerjaan manual yang berulang ke pengembangan diri yang lebih strategis. Pengembangan talenta internal merupakan prioritas bagi Indosat, karena dianggap sebagai kunci pertumbuhan perusahaan di masa depan.

Dengan penghargaan ini, Indosat berhasil mengakui upaya dan inisiatif dalam menaklukkan pasar yang menantang. Proyek ASTRID yang diterapkan dalam SDM juga memberikan manfaat tidak tertulis dari penerapan RPA, yang memberikan hak kemanusiaan bagi personel SDM Indosat.

Dampak ASTRID yang paling signifikan adalah mempercepat proses dari lima jam yang intensif menjadi hanya 18 menit dengan akurasi hingga 100 persen dan hampir tanpa intervensi manusia. Hal ini memungkinkan tim SDM untuk lebih fokus pada analitik dan wawasan, serta mengembangkan keterampilan dan kompetensi baru untuk karier mereka.

Indosat berkomitmen untuk memberikan pengalaman yang luar biasa bagi seluruh pemangku kepentingan, menghubungkan dan memberdayakan setiap masyarakat Indonesia. Tim manajemen ingin menempatkan lebih banyak investasi dalam pengembangan sumber daya manusia untuk lebih mendorong kinerja perusahaan yang solid.

Indosat percaya bahwa proyek ASTRID RPA dapat direplikasi dan diterapkan dalam berbagai proses SDM dan unit bisnis lainnya yang berulang dan berbasis aturan. Hal ini dapat menjadi preseden bagi orang lain tentang bagaimana SDM dapat secara kreatif membuat dampak bagi orang-orang melalui penerapan teknologi canggih seperti RPA dan Artificial Intelligence (AI) untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada karyawannya. (ams/*)

News Feed