English English Indonesian Indonesian
oleh

Warga Minta Program PMT Balita Dihadirkan Lagi, Yeni Rahman Respons Begini

FAJAR, MAKASSAR-Anggota DPRD Makassar Fraksi PKS, Yeni Rahman melaksanakan Reses Kedua Masa Persidangan Kedua Tahun 2023, Rabu, 12 April. Salah satu titik reses di Jalan Badak Lorong 2, RT 4, RW 2, Kelurahan Bonto Biraeng, Kecamatan Mamajang. Reses dilakukan untuk menyerap aspirasi masyarakat.

Ia menerima banyak pertanyaan dan keluhan dari warga. Salah satunya terkait program Pemberian Makanan Tambahan (PMT) balita di Posyandu. Salah satu warga, Nur Mulia mempertanyakan program PMT ini.

Dahulu katanya, program itu ada di Puskesmas. Namun, setelah dipertanyakan ke puskesmas, itu sudah tidak ada dan sekarang dikelola oleh kelurahan. “Tapi tidak pernah kami menerima itu dari kelurahan. Makanya kami pertanyakan,” kata Nur Mulia.

Menurutnya, PMT itu sangat bagus karena itu sangat membantu orang tua. Sekaligus memotivasi anak ke Posyandu. “Jadi kami harap program itu dihadirkan lagi,” harapnya.

Menanggapi itu, Yeni Rahman menjelaskan bahwa program PMT yang selama ini dianggarkan dinas kesehatan (diskes) melalui puskesmas yang disalurkan ke posyandu. Dua tahun ini memang sudah tidak ada lagi, PMT hanya diberikan kepada anak yang terindikasi stunting dan stunting.

Ia juga menyayangkannya karena menurutnya, masih banyak keluarga prasejahtera yang anaknya masih butuh asupan gizi yang baik. Jadi seharusnya program PMT ini tidak hilang. Dia pun berharap agar diskes menyampaikan ke Kementerian Kesehatan bahwa masyarakat masih sangat butuh.

Sementara anggaran Rp50 juta yang dikelola kelurahan itu hanya sosialisasi tentang stunting. “Kita sepakat bahwa stunting itu harus diturunkan, tetapi bukan berarti menghilangkan hak anak lain yang tidak stunting. Karena lebih baik mencegah daripada mengobati. Jangan sampai karena tidak adanya asupan, sehingga memicu stunting-stunting yang baru,” katanya.

Reses itu juga dihadiri pihak kelurahan, Babinsa dan Babimkabtimas, termasuk para tokoh masyarakat. Selain keluhan kesehatan, anggota DPDR dua periode itu juga menerima aspirasi soal masalah pendidikan dan permasalah kota, serta infrastruktur. (mum/*)

Reses Kedua 2023

*Kecamatan Mamajang

Rabu, 10 April

1.Titik 1
Jl. Baji Bicara 3 RT 3/RW 1, Kel. Baji Mappakasunggu

  1. Titik 2
    Jl Badak Lr 2 RT 04/RW 02, Kel. Bonto Biraeng

*Kecamatan Tamalate
Kamis, 13 April

  1. Titik 3
    Jl Abdul Kadir 1 Blok 1 N Hartaco Indah, RT 001/RW 006, Kel. Balangbaru Tamalate
  2. Titik 4
    Jl. Muhajirin 2 Kompleks Gerhana Alauddin Blok L No 19, Kel. Mangasa

*Kecamatan Mariso
Jumat, 14 April

  1. Titik 5
    Jl Bajiminasa No 3, RT 001/RW 003, Kel. Tamarunang Mariso
  2. Titik 6
    Jl Rajawali 1 Lr 10 RT 04/RW 05, Kel. Lette Mariso. (mum)

News Feed