English English Indonesian Indonesian
oleh

SDMA Unggul, Indonesia Maju: Merencanakan Pengadaan Pegawai

Adapun keunggulan dari sitem Computer Assisted Test (CAT), peserta bisa dapat mendaftarkan diri melalui internet dan dimana saja, hasil ujian bisa diliat langsung diketahui dan dapat diakses via youtube yang disediakan oleh penyelenggara, penilaian dilakukan secara obyketif, trasparansi serta bebas korupsi, kolusii nepotisme, membantu pemerintah mempercepat proses pemeriksaan hasil ujian, dari sisi pengawas tidak perlu banyak sehingga dapat menghemat anggaran biaya pengawasan, dan menghemat anggaran biaya kertas.

Sistem tidak hanya memiliki kelebihan tentu saja memiliki kelemahan faktor yang sering terjadi kendala di jaringan internet khusunya ke daerah yang masih sulit dengan akses internet atau masih lemah jaringan internetnya kesulitan akses internet sering terjadi pada saat pendaftaran hingga menggungah kelengkapan berkas. Kekurangan lainnya dapat diliat dalam unggahan yang viral itu disebutkan adanya kecurangan terkait salah satu peserta seleksi CPNS 2021 di Buol mendapatkan nilai tertinggi hingga CCTV dan lokasi tes yang bisa diatur. Badan Kepegawaian Negara (BKN) bersama Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) menyelidiki tentang viral dugaan kecurangan seleksi CPNS 2021 yang beredar di media sosial.

BKN berkolaborasi dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) dan BSSN melakukan penyelidikan, dan ditemukan adanya indikasi kecurangan seleksi CPNS 2021 dengan modus remote access dalam seleksi CASN di Buol, Sulawesi Tengah. “Dari hasil penyelidikan tersebut, BKN bersama BSSN menemukan adanya indikasi kecurangan pada pelaksanaan SKD CASN di Tilok Mandiri Instansi Pemerintah Kabupaten Buol yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang ingin merusak sistem seleksi CASN Nasional dengan modus remote access,” kata Kepala Biro Hukum, Humas, dan Kerja Sama BKN, Satya Pratama, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com*1 }

News Feed