English English Indonesian Indonesian
oleh

Peringati World Hearing Day, Lions Club Bersama Sejumlah Organisasi Periksa Telinga Gratis

FAJAR, MAKASAR– Empat Lions Club di Makassar, yaitu Lions Club Makassar Satu, Lions Makassar United, Lions Makassar Mammiri, dan Lions Makassar Host bersama Perhimpunan Dokter THT Indonesia (Perhati) wilayah Sulselbar, Maluku, dan Papua dan Alat Bantu Dengar Indonesia (ABDI) sukses menggelar bakti sosial perikanan telinga gratis, di Trans Studio Mall (TSM), Minggu, 19 Maret 2023.

Pemeriksaan kesehatan telinga gratis ini dilaksanakan sebagai rangkaian peringatan world hearing day 2023.Perwakilan Perhati Wilayah Sulselbar, Maluku, dan Papua, dr Sri Wartati mengatakan hari pendengaran se-dunia ini diperingati karena dianggap sangat pentingnya masalah pendengaran dan akibat gangguan pendengaran.

Sehingga masyarakat selalu diingatkan untuk mencegah terjadinya gangguan pendengaran. Kenapa ? Karena pendengaran adalah indra yang paling pertama diciptakan Tuhan paling lengkap. “Kalau mata itu biasanya tiga bulan setelah lahir baru sempurna melihat. Kalau telinga, begitu lahir langsung sempurna,” katanya.

Sehingga itu kata dia, penting untuk selalu memeriksakan telinga. Apalagi ganguan pendengaran bisa terjadi dari berbagai penyebab.Misalnya infeksi saat ibu hamil, gangguan pada saat lahir misalnya bayi dengan prematur atau lahir kekuningan, dan juga akibat penggunaan alat bantu saat hamil.

Kemudian saat masa pertumbuhan, telinga bisa terganggu, misalnya karena infeksi kuman karena sakit campak. Lalu, di masa perkembangan usia sekolah atau muda, itu bisa terjadi karena bermain di tempat bising.

News Feed