English English Indonesian Indonesian
oleh

Astriivo Tenri Upe Juara Desain Plakat Unhas, Desainnya Bakal Dijadikan Cinderamata Resmi Kampus

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unhas, Andi Astriivo Tenri Upe baru-baru ini dinobatkan sebagai Juara 1 Lomba Desain Plakat Unhas. Desain plakat dari kreasi Ivo ini akan digunakan sebagai cinderamata Unhas dalam kegiatan-kegiatan resmi ke depannya.

Prestasi ini tentu saja membanggakan untuk Ivo –sapaannya. Terlebih, desain plakat para peserta dinilai langsung oleh Rektor Unhas. Menandakan, desain Ivo favorit di mata Rektor sendiri.

Lomba desain plakat Unhas berlangsung dari tanggal 24 Januari 2023-15 Februari 2023. Lomba dikhususkan untuk internal Unhas yang terbuka untuk dosen, tendik, dan mahasiswa. Saat pengumuman pada Jumat, 10 Maret 2023, melalui akun resmi Instagram Universitas Hasanuddin, desain karya Ivo yang terbaik mengungguli peserta lainnya.

“Saya tidak menyangka bisa menang, karena jumlah peserta tak dibatasi. Tak hanya dari mahasiwa, dosen dan tendik juga ikut lomba desain ini. Saya juga merasa tak tahu kemampuan dari pesaing yang lain. Senang bisa dinobatkan sebagai pemenang” tutur mahasiswa kelahiran Makassar, 12 April 2001 ini.

Mahasiswa semester 8 ini mengaku, bahwa awal masuk SMA, ia memang sudah tertarik dengan dunia desain. Dari ketertarikan tersebut, ia mulai belajar secara otodidak dengan mengotak-atik aplikasi desain. Ia mempelajari satu per satu fungsi dalam aplikasi hingga bisa menguasainya.

Kemenangan yang ditorehkan oleh Ivo ini, bukan yang pertama di dunia desain. Sebelumnya, Ivo pernah dinobatkan sebagai Juara 1 Desain Poster Bertema Inovasi Kreatif di Era 5.0 pada Pentas Seni Virtual Batch II Tingkat Unhas 2020, Pemenang Terbaik Desain Kreatif Digital Bertema “Milenial Berbudaya” pada Pentas seni FIB Virtual 2020.

Prestasi lainnya yaitu, Juara 3 Lomba Infografis dalam Lomba Mahasiswa Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh PK Identitas Unhas pada Kegiatan Dies Natalis 46 Identitas Unhas 2020 dan Pemenang Terbaik Desain Kreatif Digital Bertema Budaya Kreatif di Era Normal Baru pada Pentas Seni Virtual FIB 2021. (*/)

News Feed