English English Indonesian Indonesian
oleh

Perkuat Jejaring Riset Kebencanaan, RIDE FT Unhas Kerjasama RURDR Ehime University Jepang

Dalam rangka memperkuat dan meningkatkan kapasitas dan jejaring riset di bidang rekayasa mitigasi bencana, Research Institute for Disaster Engineering (RIDE) Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT Unhas) menjalin kerjasama dengan Research Unit on Regional Disaster Resilience (RURDR), Grasuate School of Engineering Science, Ehime University, Jepang. Jalinan kerjasama ditandai dengan penandatangan Nota Kesepakatan (MoA) antar kedua pihak.

Bertempat di Ruang Dekan FT Unhas, pada Kamis pagi (09-03-2023), Penanggubgjawab RIDE FT Unhas, Prof M Isran Ramli yang juga selaku Dekan FT Unhas didampingi oleh Ketua RIDE FT Unhas, Dr.Eng. Ardy Arsyad, serta beberapa pengurus RIDE FT Unhas antara lain Dr.Eng Achmad Yasir Baeda, Dr.Eng. Hendra Fachri, Dr.Eng. Abd Rahman Rasyid, Dr.Eng. Irwan Setiawan, menandatangani Nota Kesepakatan (MoA) dengan Prof. Tsuyoshi Hatori selaku Kepala RURDR dari Ehime Univ. Turut hadir dari pihak EU antara lain Prof. N.P. Bhandary, Assc. Prof. Y. Fujimori, dan 2 orang Mahasiswa Teknik Sipil dan Lingkungan EU. Dalam acara penandatanganan ini, Kepala Pusat Studi Kebencanaan Unhas, Dr.Eng. Ilham Alimuddin, hadir membersamai Dekan FT Unhas dan Pengurus RIDE FT Unhas.

Implementasi awal dari Nota Kesepakatan kedua pihak ditandai dengan pelaksanaan suatu Simposium Internasional dengan tema Disaster Risk Reduction and Regional Resilience. Pada Simposium berskala mini yang dilaksanakan di LT1 Gedung CSA, Kampus FT Unhas di Gowa, tampil sebagai pembicara adalah para dosen/peneliti bencana dibidang keteknikan dari kedua pihak. Para nara sumber menyajikan hasil-hasil riset kolaborasi kedua pihak di bidang rekayasa mitigasi bencana.

News Feed