English English Indonesian Indonesian
oleh

Capai Gelar Doktor, Predikat Sangat Memuaskan Diraih Andi Lukman

FAJAR, MAKASSAR-Predikat sangat memuaskan, diraih oleh Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Andi Lukman lewat ujian promosi doktornya di Pascasarjana UMI, Jl Urip Sumoharjo, Makassar, Rabu, 1 Maret.

Andi Lukman mengambil bidang Ilmu Manajemen dengan disertasinya berjudul “Capacity Management Building Dalam Memfasilitasi Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Swasta Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX”.

Dalam pemaparannya, Andi Lukman menjelaskan bahwa kapasitas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX secara umum belum maksimal. 

Hal ini disebabkan karena kewenangan institusional yang melekat masih sangat terbatas. Selain itu tugas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi hanya sebatas fasilitator bukan eksekutor dalam upaya meningkatkan mutu Perguruan Tinggi Swasta.

“Begitu pula pada aspek kompetensi sumber daya manusia masih cukup memadai dari aspek formalitas tetapi tidak berbanding lurus secara substansi. Karena itu perlu pemetaan pegawai dalam penempatannya,” jelasnya.

Andi Lukman juga menyebut, mutu Perguruan Tinggi Swasta Lingkup Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX, secara umum sudah memadai. 

Hal ini disebabkan karena sistem kaderisasi sudah dibangun pola sesuai dengan regulasi. 

Selain itu sistem rekruitmen tenaga dosen dan tenaga pendidikan telah dilakukan dengan baik. 

“Begitu pula pada aspek kelembagaan masih dalam keadaan normal dan under control. Namun lemah pada sumber dana dan fasilitas,” sebutnya.

Menurut Andi Lukman, dalam rangka peningkatan kapasitas Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi dalam memfasilitasi peningkatkan mutu Perguraun Tinggi Swasta, dibutuhkan sistem kelembagaan yang kuat.

Itu melalui empat aspek utama yaitu organisasi yang memiliki kewenangan yang kuat, Sumber Daya Manusia yang berkompeten, Sitem Kerja yang stabil serta networking sebagai aspek jejaring dalam mendorong partisipasi stakeholder.

Rektor UMI sekaligus Promotor Ujian, Prof Basri Modding mengatakan jika kehormatan sebab UMI bisa meluluskan kepala Lembaga LLDIKTI Sultan Batara.

“Ini artinya kualitas dan kuantitas UMI tidak diragukan lagi sebagai perguruan tinggi swasta,” ucapnya.

Sementara untuk disertasi yang dipertahankan Andi Lukman, menarik sebab membahas mengenai Sumberdaya manusia dan kapasitasnya. Lalu pemetaan pegawai dalam penempatannya yang sesuai kualitas.

Dalam penyelesaian disertasinya, Andi Lukman dibimbing oleh Prof Basri Modding sebagai Promotor, dan Prof Achmad Ganu dan Prof Mursalim Laekkeng sebagai Ko-Promotor.(wis)

News Feed