English English Indonesian Indonesian
oleh

Kolaborasi Wujudkan Ketahanan Pangan Kampung Hortikultura

FAJAR, BONE — Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bone menggandeng Batalyon Armed 21/105 Tarik/Kawali melakukan penanaman perdana dan launching Kampung Hortikultura di Lappacenrana, Kamis, 23 Februari 2023.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Bone, Andi Asman Sulaiman mengungkapkan, Kampung Hortikultura menjadi salah satu program prioritas Pemkab melalui yang dibangun dalam satu wilayah administratif desa.

“Untuk satu kampung buah dan sayur, luasan lahan yang diperlukan minimal adalah 1-5 hektare,” tutur Asman.

Sementara itu, untuk satu kampung tanaman obat diperlukan lahan minimal seluas dua hektare.

“Jadi kami berharap program Kampung Hortikultura ini betul-betul bisa dirasakan masyarakat luas, anak cucu generasi penerus. Utamanya kebutuhan pangan segar dan bergizi,” ujar kakak kandung Gubernur Sulsel itu.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi mengapresiasi langkah yang dilakukan untuk mewujudkan Kampung Hortikultura.

“Ini bagian dari harapan Presiden dalam rangka pengendalian inflasi,” terangnya.

Menurutnya, salah satu penyumbang inflasi adalah ketika daerah tidak mampu menyiapkan kebutuhan pangan seperti beras dan beberapa kebutuhan lainnya.

“Dengan menciptakan kampung hortikultura, ini untuk pengendalian inflasi dan pertumbuhan ekonomi. Sehingga konsep ketahanan pangan sampai di sekitar kita,” sebutnya.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Sat Brimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan menuturkan, pengendalian inflasi merupakan tugas bersama.

“Mari bersama-sama kita lakukan pengendalian inflasi. Sukseskan kegiatan ketahanan pangan di lingkungan sekitar kita,” tandas danyon bergelar Magister Sains ini. (sae)

News Feed