English English Indonesian Indonesian
oleh

Mitratel Akuisisi 997 Menara Telekomunikasi Milik IOH

FAJAR, MAKASSAR – PT Telkom Indonesia (persero) Tbk melalui anak perusahaannya, Mitratel, melakukan perjanjian penjualan bersyarat 997 menara telekomunikasi milik Indosat Ooredoo Hutchison (IOH). 

Upaya ini dinilai sebagai bentuk penambahan aset dan tenant Mitratel dari IOH dan penyewa menara dari mitra bisnis lainnya. Adapun, transaksi antara Mitratel dan IOH diproyeksikan rampung pada kuartal I/2023.

Direktur Utama Mitratel Theodorus Ardi Hartoko, mengatakan kolaborasi ini menjadi salah satu upaya dalam memperkuat dan memantapkan posisi Mitratel sebagai pemilik menara telekomunikasi terbesar di Asia Tenggara yang independen dan terpercaya.

‚ÄúPenambahan sebanyak 997 menara telekomunikasi ini sebagai upaya memperkuat ekosistem Mitratel di bisnis menara telekomunikasi dan menciptakan nilai tambah yang lebih besar bagi seluruh operator telekomunikasi,” terangnya.

Kolaborasi ini mengakselerasi peluang pertumbuhan kolokasi menara Mitratel serta menyokong serangkaian usaha Mitratel untuk pengembangan bisnis menjadi end-to-end Digital Infrastructure Company. 

Menurutnya, akuisisi merupakan penegasan bahwa Mitratel adalah perusahaan penyedia Menara yang independent dan sangat dipercaya oleh operator seluler di Indonesia. 

Ini juga guna memantapkan posisi sebagai konsolidator infrastruktur telekomunikasi (menara dan fiber) utama di Indonesia.

Diketahui Mitratel telah mengakuisis menara telekomunikasi sebanyak 6.088 unit dan 6.012 kilometer (km) fiber optic. 

Sejalan dengan akuisisi menara, Mitratel juga menjalankan program peningkatan tenancy ratio melalui penyediaan konektivitas berkapasitas tinggi dengan penggelaran fiber optic dan layanan satelit, serta penyediaan daya (power to tower) yang akan memberikan dukungan penuh kepada operator telekomunikasi.

News Feed