English English Indonesian Indonesian
oleh

Kontrol Ketat AMDAL Makassar

MAKASSAR, FAJAR — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar menggelar uji publik Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) terhadap lima proyek fisik di Makassar di Balai Kota Makassar, Jumat, 17 Februari 2023.

Kelima proyek tersebut diketahui dibangun oleh pemkot dan pihak swasta, masing-masing di Pemkot Makassar yaitu, Makassar Government Center (MGC) dan Tanggul Sungai Tello.

Sedangkan di Pemprov Sulsel yaitu Farmfield Sudiang dan dari pihak swasta yaitu RS Mata Orbita Kapasa, dan Primaya di Jl Hertasning.

“Sementara berproses izin amdalnya, sudah memenuhi, tapi butuh uji publik. Sebelum dokumen andalnya disetujui dan ditandatangani Pak Wali,” imbuh Plt Kepala DLH Makassar Ferdie Mochtar.

Ferdy mengemukakan uji publik ini melibatkan tim ahli, NGO, dan pemangku kepentingan lainnya.

“Ini (uji publik) adalah tahap akhir sebelum diajukan ke Bapak Wali Kota untuk disetujui, ditandatangani, kita undang pakar, NGO, dan stakeholder lainnya untuk memberi masukan, kritik, dan saran, seperti apa yang harus dilakukan pihak pelaksana,” imbuhnya.

Harapannya pembangunan ini tidak memberikan dampak yang buruk terhadap lingkungan.

Anggota Forum Komunitas Hijau Ahmad Yusran meminta agar kehadiran lima proyek tersebut bisa memberi kemaslahatan bagi masyarakat.

Pembangunan ini diharapkan menjadi perhatian, seperti masalah ruang terbuka hijau (RTH) yang harus tetap terjaga, akses masyarakat di ruang publik tidak berkurang, hingga ekosistem lingkungan tetap terjaga.

Dalam uji publik tersebut kelima konsultan proyek juga mempresentasikan pembangunan tersebut. Sejumlah persoalan mencuat termasuk solusi untuk menyelesaikannya.

News Feed