English English Indonesian Indonesian
oleh

Kelenteng Xian Ma Peringati HUT Dewi Xian Ma, 15 Lozhu 2023 Kembali Terpilih

FAJAR, MAKASSAR –Yayasan Klenteng Xian Ma memperingati hari ulang tahun (Hut) Dewi Xian Ma. Pemilihan lozhu (Tim Sembahyang) kembali diadakan di momen tersebut.

Peringatan Hut Dewi Xian Ma kali ini cukup meriah dengan umat yang datang melakukan sembahyang. Apalagi sehumlah vihara di Makassar juga diundang hadir, di perayaan yang dilaksanakan setiap tahun itu di Klenteng Xian Ma, Rabu, 1 Februari.

Umat yang hadir juga dihibur dengan atraksi barongsai di halaman kelenteng. “Barongsai ini memang selalu dihadirkan setiap Hut Xian Ma karena juga merupakan binaan kelenteng,” kata Pengawas Klenteng Xian Ma, Ryadi Panorama.

Selain itu, pemilihan lozhu juga kembali dihelat melalui tradisi pua pue. Pua pue merupakan alat tradisonal leluhur tionghoa yang digunakan sebagai sarana berkomunikasi dengan dewa dewi.

“Jadi setiap calon lozhu melakukan pua pue. Siapa yang pua pue-nya paling banyak itu terpilih,” kata Ryadi.

Ryadi mengatakan pemilihan ini dibuka umum. Namun, hanya 15 orang yang dipilih.

Lozhu ini akan bertugas melayani dewa dewi. Ketika ada peringatan hari besar, seperti Imlek, lozhu yang menyiapkan sesarehan, menyiapkan buah-buahan, dan lain-lain.

Ketua Yayasan Klenteng Xian Ma, Elsieh Heriawaty hadir memimpin pemilihan lozhu dan melakukan pelepasan terhadap lozhu lama. Dalam kesempatan itu, ia berharap ditahun ini kehidupan semakin baik.

“Yang kita paling syukuri karena tahun ini kita bisa mengadakan Hut tanpa pembatasan lagi setelah pandemi Covid-19,” katanya. (mum/*)

News Feed