English English Indonesian Indonesian
oleh

Dirbelmawa Dikti Evaluasi KKN Kebangsaan, Universitas Harus Kirim Mahasiswa Pilihan

FAJAR, MAKASSAR-Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Dirbelmawa) Dikti membahas Evaluasi Pelaksanaan KKN Kebangsaan 2022 dan Persiapan KKN Kebangsaan 2023. Itu dilaksanakan Ruang Rapat Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan Karawaci Tangerang, Senin 30 Januari 2023. Rapat juga dihelat daring.

Turut Hadir dalam rapat tersebut Tim Pengembang KKN Kebangsaan, Illah Sailah, Didin, Hasrullah, Ninuk, Mfta, dan Dhanisk serta staf Dirbelmawa. Hasrullah mengatakan, pada pertemuan itu dievaluasi program kerja yang dilaksanakan KKN di Universitas Palangkara 2022 termasuk keterlibatan Pemda dan stakeholder dalam melaksanakan progam kerja di lokasi KKN.

“KKN Kebangsaan ini juga agar dijaga kemurniannya apalagi menghadapi kontestasi politik,” ujar Hasrullah.

Dosen Unhas ini membeberkan hal yang menjadi perhatian dari tim pengembang KKN kebangsaan ada adalah pelaksanaan rubrik penilaian selama KKN berlangsung. “Dan itu menjadi indikator keberhasilan pelaksanaan KKN di lokasi,” ungkapnya.

Selain itu, untuk pelaksanann KKN Kebangsaan di Universitas Tanjungpura Pontianak memperhatikan sinergitas OPD terkait apalagi tema KKN fokus di daerah perbatasan Indonesia-Serawak Malaysia.

Selanjutnya, menghadapi KKN kebangsaan ke-11 di Pontianak, juga perlu meningkatkan kapasitas Dosen Pendamping Lapangan (DPL) agar dapat membimbing mahasiswa selama KKN berlangsung.

Ia juga membeberkan, harapkan bagi mahasiswa KKN yang diutus universitas untuk ikut KKN Kebangsaan sebaiknya tahap seleksi diperketat agar dapat mengirim mahasiswa betul orang pilihan, baik dari segi, kedisiplinan, mempunyai kapasitas memecahkan masalah, siap menghadapi medan lokasi yang berada di Kalimatan yang ada di berbatasan, dan mengetahui kondisi sosial di desa. (*/)

News Feed