English English Indonesian Indonesian
oleh

KADIN Indonesia Siap Bawa ASEAN Jadi Episentrum Global

Hal ini diperkuat dengan mayoritas pertumbuhan ekonomi setiap negara yang tetap positif di masa sulit. ASEAN menjadi pasar produksi dan konsumsi global, serta magnet investasi yang menjanjikan bagi investor global ke depan.

“Melalui Keketuaan ASEAN BAC, kami ingin mempertegas posisi ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan sosial dan ekonomi global dengan sejumlah inovasi sebagai kendaraan, dan inklusivitas yang tidak dapat dinegosiasikan kembali. Pertumbuhan ekonomi harus dapat memberikan manfaat bagi semua negara anggota maupun secara global,” ujar dia.

Arsjad menegaskan, negara-negara ASEAN harus tampil solid sebagai kekuatan yang tidak saja menyeimbangkan kekuatan yang saling bertentangan, tetapi juga memberi pengaruh pada transformasi global dalam mencapai tujuan keberlanjutan.

Hal ini tidak mungkin berjalan tanpa peran aktif negara-negara ASEAN untuk memperkenalkan, sekaligus menggiring masyarakat global untuk mengadopsi prinsip-prinsip 5P.

“Tentu saja kita menginginkan pertumbuhan ekonomi yang signifikan untuk setiap negara anggota. Tetapi, kesakitan dunia saat ini tidak mungkin akan berhenti tanpa pengaruh yang kuat kekuatan kawasan seperti ASEAN. Perdamaian dan kesejahteraan menjadi hal yang fundamental, tetapi juga adalah hasil akhir dari cara kita merespon masyarakat, melestarikan bumi, dan membangun kemitraan yang inklusif. Ini yang akan kami dorong terjadi di ASEAN BAC 2023,” katanya.

Arsjad menambahkan, untuk mencapai tujuan tersebut, ada empat prioritas yang bakal dikedepankan di forum ASEAN BAC 2023. Keempat prioritas tersebut, antara lain transformasi digital untuk meningkatkan efisiensi dan pemerataan di kawasan ASEAN, pembangunan berkelanjutan dalam rangka merawat bumi, ketahanan pangan dan kesehatan sebagai mitigasi atas krisis dan keberpihakan pada kepentingan masyarakat, serta fasilitas perdagangan untuk menjamin pertumbuhan ekonomi.

News Feed