English English Indonesian Indonesian
oleh

Andalkan Yamaha Xmax 250, Bikers asal Sulsel Kelilingi Asia Tenggara

FAJAR, KUALA LUMPUR — Bikers asal Sulsel, Taqwa Gaffar melakukan touring ke sejumlah negara Asia Tenggara. Perjalanan jauh itu ditempuh dengan menggunakan motor andalannya, Yamaha Xmax 250.

Sekretaris Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulsel ini memulai perjalanan dari Indonesia ke Malaysia, kemudian Thailand dan hendak menuju ke ibukota Laos, Vientiane sebagai titik terakhirnya. Perjalanan ini memakan waktu selama sepuluh hari.

“Sepuluh hari itu karena saya pergi lebih dahulu ke Pattaya, Thailand. Tapi kalau jalan terus dari Malaysia sekitar satu pekan,” kata Taqwa, Senin, 23 Januari 2023.

Ia juga menjadi bikers Yamaha Xmax 250 pertama yang menjajal berbagai negara Asia Tenggara hingga ke Laos. Sepanjang perjalanan, Taqwa merasakan performa Xmax tetap terjaga di medan apapun.

“Belum pernah ada Xmax Indonesia melalui perjalanan sampai ke Laos,” tambahnya.

Berkat Yamaha Xmax 250 pula, Taqwa berhasil melewati Mae Hong Son Loop yang dikenal dengan ribuan tikungan. Ia mencatatkan 1.864 tikungan dengan jarak 609 kilometer yang ditandai dengan penerimaan serifikat dari Mae Hong Son Chamber of Commerce Thailand.

“Dari semua rute yang saya lewati, ini paling mengesankan. Melintasi jalur di provinsi Chaing Mai dan Mae Hong Son,” ujarnya.

Taqwa mengaku bangga menggunakan Yamaha Xmax 250 selama touring. Ia merasa nyaman dan aman dalam berkendara.

“Apalagi hampir semua negara yang saya datangi memiliki workshop resmi Yamaha,” ungkapnya.

Untuk performa mesin, Taqwa mengaku tidak ada masalah. “Yang penting kita butuh kesabaran menjaga ritme kecepatan yang konstan untuk menghindari panas mesin yang berlebihan,” saran Taqwa.

News Feed