English English Indonesian Indonesian
oleh

Unifa Buka Program RPL, Setahun Kuliah Sudah Bisa Raih Magister

FAJAR, MAKASSAR-Kuliah magister selama setahun ternyata bisa. Tak butuh waktu lama menyelesaikan pendidikan untuk mendapatkan gelar Magister tersebut. Universitas Fajar (Unifa) Makassar menyiapkan programnya.

Program tersebut merupakan jalur RPL atau Rekognisi Pembelajaran Lampau type A semester genap 2023/2024. “RPL ada program bantuan pemerintah untuk masyarakat ingin lanjutkan studi,” ujar Ketua Prodi Magister Ilmu Komunikasi Unifa, Dr Muhammad Asdar.

Dengan menukarkan pengalaman kerja/sertifikat pelatihan yang diperoleh secara formal maupun non formal untuk dikonversi menjadi SKS. Khusus program magister maka calon mahasiswa dapat diakui pengalaman tersebut sampai 24 SKS atau setara dengan 8 mata kuliah

“Dengan demikian maka calon mahasiswa program RPL dapat menyelesaikan studi dalam 1-2 semester dari waktu normal 4 semester,” jelasnya.

RPL sendiri merupakan pengakuan atas capaian pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal, nonformal, informal, dan atau pengalaman kerja sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan formal untuk melakukan penyetaraan dengan kualifikasi tertentu. Itu melalui asesmen, pencapaian pembelajaran yang diperoleh dari pengalaman kerja dan pelatihan bersertifikasi ditetapkan menjadi raihan satuan kredit semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah.

“Untuk program S2 jumlah SKS yang diakui maksimal 24 SKS atau setara dengan 8 mata kuliah,” ujar Dekan Fakultas Pascasarjana Unifa, Dr Mujahid menegaskan. Pendaftaran pada 2 Januari hingga 20 Februari 2023. Kuliah perdana Maret 2023. (wis/*)

News Feed