English English Indonesian Indonesian
oleh

Taman Firdaus UMI Dilengkapi Air Mancur Berselawat

FAJAR, MAKASSAR-Selain memperlihatkan prestasi dengan capaian kampus pertama di luar pulau Jawa yang mendapat Akreditasi Unggul. Kini Universitas Muslim Indonesia (UMI), punya ikon baru. Namanya Taman Firdaus dengan Air Mancur Berselawat.

Lokasi Air Mancur itu di depan gerbang kampus UMI, Jalan Urip Sumoharjo yang diresmikan, Senin, 16 Januari. Selain dilengkapi air mancur, juga ada jogging track, kolam, dan taman atau ruang terbuka hijau. Taman ini bisa dimanfaatkan civitas UMI duduk bersantai selepas kuliah. Ditambah fasilitas colokan listrik yang tertempel pada dinding taman.

Rektor UMI Prof Basri Modding mengatakan, diberikan taman Firdaus karena ingin memperlihatkan bahwa ini seperti gambaran taman di Surga. Kemudian, air mancur yang diberi nama air mancur berselawat, karena setiap kali mengucur, percikannya diibaratkan seperti orang yang semangat melantunkan selawat.

“Insyaallah Taman Firdaus ini diharapkan menjadi satu spirit dari Smart Univerity. Selain UMI bentuk akademik dan pengelolaannya, juga memperlihatkan smart dari bentuk fisik sarana dan prasarananya,” tuturnya.

Kendati demikian, tak hanya Taman Firdaus, ke depan akan dikembangkan lagi sarana lain. Seperti pintu gerbang dan perluasan sarana olahraga di bagian depan kampus.

“Yang menginspirasi ini karena UMI punya reputasi internasional. Makanya kami meminta Wakil Rektor 1 sebagai pemimpin proyek untuk membuat kampus lebih indah seperti konsep kampus internasional,” ungkapnya.

Wakil Rektor I Universitas Muslim Indonesia (UMI) Hanafi Ashad mengatakan, khusus taman ini memiliki luas 3.000 meter persegi. Histori pertama tak langsung dibuat, tetapi disurvei keadaan tanah apakah cocok dibuatkan taman dan air mancur.

Kemudian dituangkan lewat desain dan didiskusikan lebih lanjut oleh engineering. Setelah konsep jadi, diperlihatkan kepada Rektor dan petinggi UMI. “Sampai terjadi 5-7 kali presentase. Baru ditemukanlah konsep dengan gambarannya. Lalu dibuat kesan bagaimana ketika masyarakat masuk ke UMI, mendapatkan kenyamanan atau melihat keindahan seperti surga,” tuturnya.

Sementara yang mengerjakan, semua tim dari UMI. Mulai dari ahli engineering UMI, arsitek hingga melibatkan mahasiswa. Bagi warga yang ingin menikmati keindahan taman Firdaus tersebut, bisa datang mulai sore hari. Ketika malam hari, akan melihat kilauan lampu warna-warni di setiap percikan air terjun di sepanjang kolam. (wis/ham)

News Feed