English English Indonesian Indonesian
oleh

Handayani Makassar Cetak Peneliti Muda

FAJAR, MAKASSAR-Universitas Handayani Makassar (UHM) berkomitmen mencetak banyak peneliti di usia muda. Salah satu yang dilakukan menyelenggarakan workshop penulisan tesis untuk mahasiswa pascasarjana Sistem Komputer.

Direktur Pascasarjana UHM, Dr Eng Ir Yuyun, S.Kom MT, mengatakan di negara maju mempersiapkan sejak dini untuk melahirkan peneliti dan ilmuwan. Sebab itu lewat workshop pihaknya ingin memberikan gambaran kepada mahasiswa, terutama yang sedang menulis proposal, dan bagaimana cara meneliti dan menulis dengan baik.

Kata dia, kegiatan tersebut sangat penting dan menjadi kebutuhan dalam meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa pascasarjana UHM dalam meyelesaikan tugas akhir. Selain itu, untuk mendorong mahasiswa dalam menghasilkan publikasi baik itu pada jurnal nasional maupun internasional.

“Dalam meneliti bukan hanya menyelesaikan permasalahan di masyarakat, tetapi juga melatih keterampilan mahasiswa dalam menulis dan mempercepat mahasiswa dalam menyelesaikan studi,” ujarnya lewat Zoom, Rabu, 21 Desember.

Wakil Rektor 1 UHM, Ir Billy Eden William Asrul, mengatakan ada lima materi yang diberikan yakni cara menemukan tema atau topik penelitian, kebaharuan penelitian atau menemukan novelty, menyusun pendahuluan dan latar belakang, menyusun tinjauan pustaka dan metode penelitian, dan manajemen referensi (Zetero & Mendeley).

Menurutnya Kemenristek Dikti menuntut riset publikasi berkualitas dari dosen maupun mahasiswa. Dalam meningkatkan kualitas publikasi tersebut, mahasiswa harus dibekali terlebih dahulu.

“Poin penting dalam penyusunan, penulisan sebuah tesis pada penelitian itu, pertama harus memahami bagaimana bekerja dengan teori dan kerangka dari tesis,” bebernya. (mil/)

News Feed