English English Indonesian Indonesian
oleh

Pentingnya Gizi Seimbang untuk Ibu Hamil

OLEH: Usrek Lestari, Mahasiswa Magister Ilmu Gizi Universitas Hasanuddin

Apa itu Gizi Seimbang? Gizi seimbang merupakan susunan makanan yang dikonsumsi sehari – hari dengan kandungan zat-zat gizi dalam beragam jenis dan jumlah yang disesuaikan berdasarkan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman atau variasi makanan, aktivitas fisik, hygine, dan berat badan ideal.

Pada ibu hamil kecukupan gizi harus diperhatikan karena harus memenuhi bukan hanya kebutuhan gizi untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk memenuhi gizi janin dalam kandungan guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan janin yang optimal.

Pesan Penting Gizi Seimbang Untuk Ibu Hamil :

  1. Mengonsumsi lebih banyak aneka ragam makanan, hal ini berguna untuk pemenuhan kebutuhan energi, protein dan vitamin serta mineral ibu dan janin.
  2. Membatasi konsumsi garam berlebih, untuk mencegah terjadinya hipertensi dan resiko kematian janin, terlepasnya plasenta dan gangguan pertumbuhan.
  3. Minum air putih lebih banyak, dapat meningkatkan volume darah untuk mendukung sirkulasi darah pada janin, produksi cairan amnion dan mengatur suhu dan keseimbangan asam basa tubuh. Asupan air minum ibu hamil sekitar 2-3 liter perhari (8-12 gelas sehari)
  4. Membatasi minum kopi, kandungan kafein dalam kopi dapat meningkatkan frekuensi berkemih yang menimbulkan resiko dehidrasi, tekanan darah meningkat dan detak jantung meningkat.

Tips Memenuhi Gizi Ibu Hamil

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi selama hamil, bisa melakukan beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Ketahui dan penuhi kebutuhan kalori Anda setiap harinya
  2. Makan pagi setiap hari. Jika tidak nafsu makan karena mual, perut perih, atau morning sickness, cobalah makan sedikit-sedikit tapi lebih sering.
  3. Konsumsilah makanan yang bergizi
  4. Makanlah makanan berserat tinggi dan perbanyak asupan cairan dari air putih atau jus buah, serta rajin berolahraga untuk mencegah konstipasi. Konstipasi dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada perut yang bisa membuat tidak nafsu makan.
  5. Hindari makanan pedas dan berlemak, terlebih jika menderita penyakit maag.
  6. Hindari mengonsumsi minuman beralkohol, kafein, minuman bersoda, dan ikan dengan kandungan merkuri tinggi.
  7. Hindari mengonsumsi banyak makanan cepat saji atau junk food yang tinggi kalori, lemak, dan gula.

Asupan nutrisi merupakan hal yang sangat penting dalam kehamilan. Jika kebutuhan gizi ibu hamil tidak tercukupi, maka berat badan ibu dan janin akan susah bertambah. Kondisi ini bisa menimbulkan berbagai masalah bagi kesehatan ibu maupun janin.Oleh karena itu, gizi ibu hamil harus selalu diperhatikan. Selain itu, memeriksakan kandungan secara rutin, untuk kesehatan ibu dan janin agar selalu terpantau. (*)

News Feed