English English Indonesian Indonesian
oleh

Kuliah Pakar 2022, PPS UMI Hadirkan Anies Baswedan

FAJAR, MAKASSAR– Program Pascasarjana (PPS) Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali menggelar kuliah pakar untuk tahun 2022. Kali ini menghadirkan tokoh nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI ke 27 (2014-2016), Anies Rasyid Baswedan

Kuliah pakar yang merupakan program rutin PPS UMI ini memilih menghadirkan mantan Rektor Universitas Paramadina itu karena dianggap berkompeten membahas topik yang kekinian dengan pendekatan kepakaraannya sebagai seorang guru besar rumpun Ilmu Ekonomi.

Direktur PPS UMI, Prof. Dr. Sufirman Rahman, SH, MH, dalam keterangan resminya Jumat (9/12/2022), menyebutkan, kuliah pakar merupakan kegiatan rutin dilaksanakan PPS UMI, setiap semesternya dengan menampilkan pakar sesuai bidang ilmu.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk layanan akademik, untuk menyamakan persepsi terkait dengan bidang ilmu yang kali ini dikaitkan dengan aspek penelitian.

“Ini untuk menguatkan komitmen dan performance dalam menjalankan Tridarma Perguruan Tinggi dalam hal ini Pendidikan atau pembelajaran, dan juga Catur Darma UMI. Prof Anis Baswedan, sosok yang memiliki latar belakang akademik, pernah menjabat sebagai Rektor dan meraih gelar jabatan Guru Besar, di usia muda, umur 39 tahun,” ujarnya.

“Kehadiran Prof Anies Rasyid Baswedan di PPs UMI, sebagai seorang akademisi, murni kegiatan akademik yang menghadirkan pakar yang kompeten di bidangnya, hal ini merupakan agenda rutin PPS UMI,” ucapnya.

Diharapkan kegiatan ini dapat menambah pengalaman bagi mahasiswa S2 dan S3 PPs UMI dan materi yang disampaikan narasumber diharapkan dapat menambah wawasan keilmuan bagi mahasiswa untuk mencapai kompetensi sesuai dengan tujuan program masing-masing

Ketua Panitia Pelaksana, Prof. Dr. Syahruddin Nawi, SH.,MH menyebutkan, kehadiran Prof Anis membawakan kuliah pakar di depan civitas akademika PPS UMI mengusung tema ‘Penguatan Dunia Pendidikan dalam Merespon Fenomena Krisis Global untuk Indonesia Maju,’.

“Jadi pertimbangan dari kami, kehadiran Prof Anies Baswedan dalam kegiatan kuliah pakar di PPS UMI, memang menjadi agenda kami menghadirkan kuliah pakar dengan narasumber yang kompeten di bidangnya,” ucapnya.

Kata dia, Prof Anies Baswedan, seorang Ilmuwan yang pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Rektor Universitas Paramadina. Sehingga diharapkan adanya transfer knowladge dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini akan diikuti oleh dosen, dan pejabat struktural lingkup UMI dan mahasiswa pada Program Pascasarjana UMI.(wis)

News Feed