English English Indonesian Indonesian
oleh

Petahana Bertumbangan di Pilkades Bone, Bupati: Masyarakat Sudah Pintar Menilai Kinerja

FAJAR, BONE – Perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Bone telah digelar. Puluhan petahana tumbang (grafis) dalam pertarungan tersebut.

Diketahui pada gelaran pesta demokrasi tingkat desa ini digelar di 141 Desa 23 Kecamatan se Kabupaten Bone. Perhelatan tersebut diikuti oleh 411 Calon Kepala Desa (Cakades) dengan total 94 calon petahana.

Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi menuturkan kekalahan yang dialami oleh beberapa petahana kepala desa merupakan bukti bahwa masyarakat saat ini sudah cerdas dalam memilih.

“Banyaknya mantan desa kala Itu kan bukti masyarakat sudah pintar menilai kinerja pimpinannya,” ucapnya saat ditemui FAJAR di tengah-tengah kunjungannya memantau Pilkades di Kecamatan Ulaweng, Kamis, 24 November.

Lebih lanjut Ketua Golkara Bone ini mengatakan masyarakat sudah mampu melihat bahwa ketika memang kinerja dianggap bermanfaat pasti dipilih kembali. Namun ketika sebaliknya pasti dia tidak dianggap dan kejayaannya berakhir.

“Tapi sangat disayangkan kalau ada petahana yang kalah,” terangnya.

Kata dia mengapa sangat disayangkan karena selama enam tahun itu dia membangun terus dan nyata itu menandakan bahwa yang dia bangun tidak sejalan harapan rakyat.

“Kita bersyukur Pilkades ini berjalan aman dan kita lihat semuanya berjalan aman tertib lancar hari ini kami keliling tujuh Kecamatan dan semua aman,” katanya.

Komandan Batalyon (Danyon) C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel, Kompol Nur Ichsan mengatakan dalam pengamanan Pilkades serentak Kabupaten Bone ini, pihaknya menerjunkan 1 SSK ( Satuan Setingkat Kompi ) personel yang diploting ke sejumlah Polsek.

“Hal ini kami lakukan dengan pertimbangan untuk efektivitas pelaksanaan pengamanan dimana kami mengedepankan tindakan preventif seperti patroli bersama satuan kewilayahan,” ujarnya.

Nur Ichsan juga menambahkan selain menurunkan 1 SSK personel yang diploting ke sejumlah titik, pihaknya juga menyiagakan personel di Mako Batalyon C Pelopor,

“Karena situasi Kamtibmas Kabupaten Bone relatif kondusif jadi kami lebih fokus menggelar patroli dialogis ikatan regu, namun kami juga menyiagakan satu kompi pasukan Penanggulangan Huru Hara (PHH ) di Mako untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk,” pungkas perwira berpangkat satu melati ini.

Selain gencar menggelar patroli bersama personel gabungan TNI-POLRI, personel Batalyon C Pelopor Satbrimob Polda Sulsel juga memantau langsung jalan pemungutan suara di sejumlah TPS. (sae)

Petahana Kades
yang Tumbang

  1. Desa Awo Lagading, Kecamatan Awngpone
  2. Desa Ujung Salang Keto, Kecamatan Mare
  3. Desa Sailong, Kecamatan Dua Boccoe
  4. Desa Pallae, Kecamatan Cenrana
  5. Desa carebbu, Kecamatan Awangpone
  6. Desa Laoni, Kecamatan Cenrana
  7. Desa Letta Tanah, Kecamatan Sibulue
  8. Desa Tellongeng, Kecamatan Mare
  9. Desa Ujung Tanah, Kecamatan Mare
  10. Desa Laponrong, Kecamatan Amali
  11. Desa Biru, Kecamatan Kahu
  12. Desa Masangkae, Kecamatan Kajuara
  13. Desa Lebongnge, Kecamatan Cenrana
  14. Desa Pasaka, Kecamatan Sibulue
  15. Desa Biccoing, Kecamatan Tonra
  16. Desa Ancu, Kecamatan Kajuara
  17. Desa Parippung, Kecamatan Barebbo.

News Feed