English English Indonesian Indonesian
oleh

Spanyol vs Kosta Rika: Motivasi Tricolor

FAJAR, DOHA —Kosta Rika tidak bisa dibandingkan dengan Spanyol. Namun, Tricolor, julukan Kosta Rika tak ingin kalah sebelum bertanding.

Tanpa kehilangan respek pada Tim Matador, wakil CONCACAF itu menegaskan kesiapan mereka menghadapi juara Piala Dunia 2010 tersebut di Al Thumama Stadium, dini hari nanti, Rabu, 23 November 2022 pukul 00.00 WITA.

Striker Kosta Rika, Anthony Contreras menegaskan timnya juga memiliki kualitas seperti halnya Spanyol. Dan apapun bisa terjadi di pertandingan nanti.

“Spanyol punya banyak kualitas, tapi itu tidak membuat kami takut, itu memotivasi kami,” kata Anthony Contreras di Diario AS sebagaimana dikutip dari Football Espana.

Los Ticos mencapai Piala Dunia ketiga mereka secara berturut-turut. Tapi mereka hanya lolos melalui play off antar-konfederasi melawan tim lemah Selandia Baru.

Meskipun begitu, Anthony Contreras menegaskan bahwa Kosta Rika yang saat ini berada di peringkat 31 FIFA bisa mengejutkan Sergio Busquest dkk. Syaratnya, mereka tampil dengan performa terbaik.

“Kami juga punya kualitas. Kami tahu kami harus bermain sangat baik, tapi saya pikir kami bisa bermain satu lawan satu melawan Spanyol,” tegasnya.

Pelatih Kosta Rika, Luis Fernando Suarez mencoba menunjukkan optimisme sama. Menurutnya, mereka sudah punya pengalaman Piala Dunia dan ia mengaku tak sabar melihat timnya menantang Spanyol di lapangan.

“Kami sudah lama berada dalam mode Piala Dunia. Perbedaannya sekarang kami di sini [di Qatar] adalah kami mempersiapkan diri dengan cara yang lebih konkret dan kami akan terus seperti ini. Tim merasa cukup baik dan bersedia memberikan segalanya,” kata Suarez di Xinhua.

Suarez juga menegaskan mereka sudah mengetahui gaya bermain La Roja. “Yang paling penting adalah, terlepas dari semua yang terjadi, Spanyol akan selalu bermain dengan cara yang sama dan mereka akan melakukannya dengan baik,” jelasnya.

Tapi seperti pemainnya, Suarez menunjukkan respek tinggi. Ia secara khusus memuji pelatih Spanyol Luis Enrique. Pelatih Kolombia berusia 62 tahun itu mengatakan Enrique sudah mengembangkan identitas yang memungkinkan timnya bermain dengan bebas.

“Dia adalah pelatih yang hebat, seseorang dengan kapasitas yang hebat,” kata Suarez mengacu pada permainan passing pendek Spanyol.

Penjaga gawang veteran Paris Saint-Germain (PSG) Keylor Navas tetap menjadi tumpuan Suarez. Sementara di lini depan, selain Contreras, Suarez akan berharap banyak pada eks striker Arsenal Joel Campbell yang sekarang bermain di klub Leon.

Di kubu Spanyol, mereka mencoba mengabaikan semua pembicaraan sebagai favorit di Grup E. Luis Enrique mengatakan mereka harus menikmati pertandingan jika ingin hasil bagus.

“Melawan Kosta Rika adalah pertandingan untuk dinikmati. Kami memiliki segalanya di bawah kendali kami,” kata Enrique sebagaimana dikutip dari AS.

Mantan pelatih Barcelona itu menegaskan, laga ini menjadi salah satu ajang pembuktian untuk apa yang sudah mereka kerjakan selama ini. “Tujuannya adalah untuk memiliki Piala Dunia yang hebat dan memberikan penampilan terbaik,” ujarnya.

Sama seperti Kosta Rika, seluruh pilar Spanyol juga dalam kondisi baik jelang laga ini. Termasuk Alvaro Morata. “Kami berharap semua orang tersedia pada hari Rabu (Kamis). Tidak ada yang mengkhawatirkan,” ungkap Enrique.

Pedri akan kembali menjadi andalan Spanyol di lini tengah dan sang pemain menyatakan dirinya siap mengemban tugas. “Saya hanya berpikir untuk bermain dan membantu tim nasional dan melakukan apa yang diminta pelatih seperti apa yang selalu saya lakukan,” katanya dalam sebuah video yang diunggah Euro Sport.

Spanyol dan Kosta Rika sebelumnya bertemu di tiga laga persahabatan. Dalam tiga duel itu, Spanyol menang dua kali. Sementara hasil terbaik Kosta Rika adalah satu hasil imbang. (amr)

Prakiraan Pemain

Spanyol (4-3-3): Simon; Carvajal, Laporte, Pau Torres, Alba; Busquets, Gavi, Pedri; Ferran Torres, Fati, Morata.
Kosta Rika (4-4-2): Navas; Oviedo, Calvo, Duarte, Fuller; Bennette, Tejeda, Borges, Torres; Contreras, Campbell

Head to Head

11/11/17 Spanyol 5-0 Kosta Rika
11/06/15 Spanyol 2-1 Kosta Rika
15/11/11 Kosta Rika 2-2 Spanyol

5 Laga Terakhir Spanyol

10/06/22 Swiss 0 – 1 Spanyol
13/06/22 Spanyol 2 – 0 Republik Ceko
25/09/22 Spanyol 1 – 2 Swiss
28/09/22 Portugal 0 – 1 Spanyol
18/11/22 Jordania 1 – 3 Spanyol

5 Laga Terakhir Kosta Rika

15/06/22 Kosta Rika 1 – 0 Selandia Baru
23/09/22 Korea Selatan 2 – 2 Kosta Rika
27/09/22 Uzbekistan 1 – 2 Kosta Rika
10/11/22 Kosta Rika 2 – 0 Nigeria
06/06/22 Kosta Rika 2 – 0 Martinique

News Feed