English English Indonesian Indonesian
oleh

Panwascam Perbanyak Curiga, Waspadai Pelanggaran Pemilu

FAJAR, PALOPO-Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) di sembilan kecamatan di Kota Palopo dilantik di Hotel Agro Wisata, Kamis, 27 Oktober. Setelah dilantik, mereka langsung dibekali ilmu terkait kepemiluan. Ketua Bawaslu Kota Palopo, Asbudi Dwi Saputra, mengatakan, Panwaslu Kecamatan ini resmi menjadi menjalankan tugasnya.

Sementara pembekalan yang dilakukan merupakan pondasi awal dalam mengawasi pemilu.
Ia berharap kepada panwaslu kecamatan yang terpilih memiliki keilmuan aturan pemilu. “Kita akan mengawasi tahapan seluruh penyelenggaraan di kecamatan-kecamatan, dan keilmuan harus segera di tingkatkan,” kata Asbudi.

Dia menyebut, Panwaslu harus memiliki sifat ketokohan. Artinya ketika orang itu muncul mempunyai teladan, dan integritas tentu akan didengar masyarakat.

“Kita harus mempunyai mental dan jiwa integritas, kata pengawas pemilu, artinya kita harus selalu curiga, dan kecurigaan kita itu menimbulkan keinginan kita untuk untuk memastikan suatu proses, seperti mewaspadai adanya kampanye terselubung,” jelasnya.

Sekretaris Daerah Kota Palopo Firmanza mengatakan, keberadaan Panwaslu kecamatan sangat menentukan kualitas pemilu yang akan dilaksanakan. Itu jika panwaslu melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, maka dapat dipastikan bahwa proses demokrasi juga berjalan dengan baik.

Dia berharap setiap tahapan dalam proses demokrasi ini, bisa dipertanggungjawabkan kualitasnya, sehingga ke depan proses demokrasi yang berkualitas dapat melahirkan pemimpin dan sistem yang juga berkualitas. (shd/ham)

News Feed