English English Indonesian Indonesian
oleh

Mahasiswa Unhas Raih Juara 1 Fotografi Kategori Hitam Putih di PEKSIMINAS XVI, BPSMI Beri Apresiasi

FAJAR, MAKASSAR-Mahasiswa Universitas Hasanuddin berhasil meraih juara 1 Fotografi Kategori Hitam Putih pada Pekan Seni Mahasiswa Nasional (PEKSIMINAS) XVI di Universitas Brawijaya Malang yang dilaksanakan pada tanggal 24 – 28 Oktober 2022.

Ahmad Ainun Iskandar mahasiswa Departemen Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya Unhas menjadi perwakilan Badan Pembinaan Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) provinsi Sulawesi Selatan utusan Unhas setelah menjadi Juara 1 pada seleksi Pekan Seni Mahasiswa Tingkat Daerah Sulawesi Selatan (PEKSIMIDA).

Lomba Fotografi Kategori Hitam Putih diikuti sebanyak 28 peserta dari berbagai utusan Universitas baik negeri maupun swasta dibawah naungan BPSMI tingkat Provinsi masing-masing. Lomba ini merupakan kompetisi 2 tahunan yang dilaksanakan oleh Pusat Prestasi Nasional Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

Lomba Fotografi dilaksanakan secara on the spoot dengan tema “Optis Jiwa Sebagai Ekspresi dan Realita” di kampung Kayutangan Malang, panitia menyediakan transportasi dan membawa peserta untuk hunting foto yang akan mereka lombakan di lokasi tersebut.

Pengumuman lomba dilaksanakan dalam sesi penutupan PEKSIMINAS XVI di gedung Samantha Krida Univeritas Brawijaya Malang hari ini Jumat 28 Oktober 2022. Turut hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas Hasanuddin, Prof Muhammad Ruslin mewakili Rektor Unhas.

“Sebuah kesyukuran dan rasa bangga mahasiswa kita Ahmad Ainun Iskandar mendapat 1 emas dalam kompetisi nasional ini untuk lomba Fotografi Hitam Putih,” ujar Prof Ruslin.

Dari enam tangkai lomba yang diikuti khusus mahasiswa Unhas, yakni Vocal Grup, Pop Putri, Baca Puisi Putri, Keroncong Putri, Fotografi Warna dan Fotografi Hitam Putih. Secara umum BPSMI Sulawesi Selatan mengikuti 15 tangkai lomba pada PEKSIMINAS XVI.

Untuk PEKSIMINAS XVII 2024 ada 3 BPSMI yang telah siap menjadi tuan rumah, dari BPSMI Sulawesi Utara, BPSMI Papua Barat dan BPSMI Kepulauan Riau.

“Untuk Universitas yang akan jadi tuan rumah selanjutnya akan diserahkan kepada Pusat Prestasi Nasional, Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI). Ini adalah hasil keputusan sarasehan pimpinan Universitas Bidang Kemahasiswaan yang dilaksanakan tanggal 25 Oktober 2022 di gedung Rektorat Lt 8 Universitas Brawijaya,” jelasnya.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karier Unhas, Abdullah Sanusi mengapreasi prestasi yang dicapai dalam kompetisi tingkat nasional ini. Pimpinan Universitas tentunya akan memberikan reward kepada mahasiswa yang juara. “Ini adalah komitmen universitas agar mahasiswa kita terpacu untuk terus berprestasi,” katanya.

Bidang Kemahasiswaan kata dia, akan terus melakukan pendampingan dan pembinaan agar mahasiswa selalu siap ikut dalam tiap kompetisi, baik skala daerah, nasional maupun internasional.

“Sekali lagi selamat untuk Ahmad Ainun Iskandar atas capaiannya menjadi Juara,” ungkapnya.

Sementara n yang belum mendapat juara kata dia, jangan berkecil hati, jadikan pengalaman lomba dalam ajang PEKSIMINAS XVI tahun ini untuk banyak berlatih, mempersiapkan diri untuk kompetisi selanjutnya. “Terima kasih telah memberi yang terbaik untuk almamater kalian,” tuturnya.

Ketua BPSMI Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Sukardi Weda yang juga Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Universitas Negeri Makassar turut berbahagia atas perolehan tim BPSMI Provinsi Sulawesi Selatan.

“Alhamdulillah kita pulang dengan membawa 1 emas ini, capaian luar biasa dari perjuangan adik-adik mahasiswa kita,” bebernya.

Ke depannya, ia akan mempersiapkan dengan lebih baik lagi. Program pembinaan harus berjalan baik, mencari bibit unggul lewat seleksi-seleksi internal tiap kampus di Sulawesi Selatan untuk persiapan PEKSIMINAS XVII.

“Kami yakin pemerintah Provinsi akan memberikan support yang besar untuk membawa Provinsi Sulawesi Selatan menjadi juara dalam ajang kompetisi nasional ini ke depannya. Terima kasih tak terhingga kami ucapkan kepada para pimpinan-pimpinan Universitas di Sulawesi Selatan, para donatur atas segala apresiasi dan supportnya kepada mahasiswa kita hingga ikut berkompetisi pada PEKSIMINAS XVI di Universitas Brawijaya Malang,” pungkasnya. (*/ham)

News Feed