English English Indonesian Indonesian
oleh

PKMM Satu Dekade, Pekerja Seni Kampus Gaungkan Seni ke Semua Lapisan

FAJAR, MAKASSAR-Dua tahun pandemi Covid-19, membuat kualitas dan kegiatan lembaga kesenian kampus di Kota Makassar meredup. Lewat Pentas Karya Mahasiswa Makassar (PKMM) Satu Dekade menjadi wadah silaturahmi Pekerja Seni Kampus (PSK) kembali menggaungkan seni di semua lapisan masyarakat.

Koordinator Streering PKMM 1 Dekade Jerry Mercy Montolalu, menuturkan PKMM sudah digelar satu dekade kali ini sebanyak 70 lembaga kesenian kampus se-Makassar yang berpartisipasi. Digelar secara lokal sebagai ajang bersilaturahmi sekaligus menampilkan karya masing-masing yang dihasilkan setiap lembaga kesenian di kampus.

“Jadi ini dasarnya memang silaturahmi, ini bukan festival tapi exhibition karena tidak ada penilaian jadi tidak ada yang juara. Ini wadah untuk PSK kembali menganggaungkan seni ke semua lapisan masyarakat jadi semua masyarakat bisa menikmati karya kami,” ujar Jerry sapaan akrabnya di Tribun Karebosi, Rabu, 19 Oktober.

Diselenggarakan mulai 18 hingga 20 Oktober menampilkan banyak karya mulai dari teater, penampilan lagu, tarian, hingga lukisan. PKMM Satu Dekade ini untuk kembali membangun mental kebersamaan yang selama ini meredup.

“Setiap generasi itu harus mengenal satu sama lain antar lembaga kesenian yang ada di dalam kampus itu sendiri dan kampus lainnya di Makassar. Dengan PKMM Satu Dekade kita laksanakan itu keluar dari kampus karena bukan hanya kami-kami yang menikmati tapi masyarakat umum juga bisa menikmati,” ujar Jerry.

Lebih lanjut, Jerry menyebut sudah saatnya berkolaborasi dengan masyarakat Makassar untuk memperkenalkan bahwa PSK Makassar ada dan besar untuk menganggaungkan seni di lingkup kampus.

Badan Pengurus Tahun 2022 Departemen Infokom UKM Seni Tari Universitas Hasanuddin, Ihda Annisa M. G, menuturkan lewat PKMM Satu Dekade pihaknya akan menampilkan musik tradisional dari karya anggota UKM Seni Tari Unhas. Sebelum-sebelumnya hanya menampilkan karya orang lain.

“Untuk beberapa tahun belakangan pencinta seni di lingkup kampus menurun itu dilihat dari pendaftar di UKM kami dan setiap universitas lainnya. Jadi dengan acara ini kami berharap supaya pencinta seni itu makin meningkat,” ujarnya.

Ia menyebut kegiatan tersebut menjadi wadah untuk meningkatkan pencinta seni di lingkup kampus karena beberapa tahun mengalami penurunan. (mil/*)

News Feed