English English Indonesian Indonesian
oleh

KMP New Rose Terbakar di Perairan Laut Kolut

FAJAR, SENGKANG-Kebakaran terjadi di perairan laut Kolaka Utara (Kolut) Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis, 29 September. Hal itu diutarakan oleh Kabid Perhubungan Laut Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Wajo, Anhar.

Kata dia, KMP New Rose terbakar pukul 16.00 Wita dalam perjalanan dari Pelabuhan Siwa Kecamatan Pitumpanua Wajo tujuan Pelabuhan Tobaku, Kolaka Utara.

“KMP New Rose terbakar diwilayah perairan laut Kolaka Utara pukul 16.00 Wita. Sekitar 5 mil dari Pelabuhan Tobaku,” ujarnya.

Berdasarkan laporan yang diterima dari pihak Pelabuhan Tobaku. Kata Anhar, kebakaran terjadi di lantai dasar kapal, api berasal dari dalam mobil pick up dengan nomor polisi DT 8017 AJ. “Mobil itu memuat diantaranya 2 unit sepeda listrik, pakaian 2 bal, alat kesehatan, pertamini, serta peralatan mobil,” bebernya.

Api tersebut diduga bersumber dari kosleting accu dari sepeda listrik. Kemudian merembes ke barang muatan mobil lainnya, sehingga api dengan cepat berkobar. “Beruntung tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan oleh awak kapal dan berhasil bersandar sekitar pukul 17.00 Wita di Pelabuhan Tobaku,” tuturnya.

Kepala Unit Penyelenggaraan Pelabuhan (UPP) Kelas III Siwa Hamjan, yang dikonfirmasi tidak berhasil memberikan keterangan. Jumlah penumpang KMP New Rose tujuan Tobaku.

Berdasarkan data dihimpun FAJAR. KMP New Rose berangkat dari Pelabuhan Siwa pukul 13.30 Wita. Membawa penumpang 149 orang. Dewasa 131 orang dan anak 18 orang. Dengan muatan kendaraan 36 unit. Terdiri 8 unit roda 2, 13 unit roda 4, dan 15 unit roda enam.

Petugas Dishub Wajo di Pelabuhan Siwa, Sudirman memastikan KMP New Rose akan kembali bertolak ke Wajo, Jumat 29 September. Untuk sementara awak kapal membersihkan sisa kebakaran. “Untuk dot rutin tahunan sudah dilakukan. Jadi tetap berangkat besok pagi dari Tobaku ke Siwa,” jelasnya. (man/*)

News Feed